Rengganis Suspensions Bridge : Jembatan Gantung Terpanjang Se-Asia Tenggara,Ragam Pesona, Daya Tarik Wisata,Tiket Masuk & Lokasi

jendeladunia16.com - Rengganis Suspensions Bridge Bandung :  Jembatan Gantung Terpanjang Se-Asia Tenggara,Ragam Pesona, Daya Tarik Wisata,Tiket Masuk & Lokasi


sc.instagram/@jempolajaib & sc.instagram/@lizagoutama


Jawa Barat memiliki sejumlah destinasi wisata yang menawarkan tempat wisata alam menarik dengan pemandangan yang indah.

Saat ini para traveller tengah dihebohkan oleh keberadaan objek wisata baru yang cukup unik dan berbeda dari wisata pada umumnya. Sebuah jembatan gantung yang terbentang.

Rengganis Suspension Bridge, sebuah tempat wisata berupa jembatan terpanjang di asia tenggara dengan view alam yang menakjubkan yang cocok sebagai tujuan wisata bersama keluarga, teman ataupun kerabat dekat.


Rengganis Suspension Bridge.

sc.instagram/@youman.travel

Rengganis Suspension Bridge merupakan obyek wisata terbaru berupa jembatan terpanjang di asia tenggara dengan view alam yang mempesona dan menakjubkan di Bandung. Wisata baru ini tergolong baru karena baru opening pada 3 Mei 2022 lalu yang ramai di kunjungi.

Rengganis Suspension Bridge Bandung ini menawarkan konsep wisata berupa jembatan dengan view yang alam yang indah. Selain wisatawan menikmati berjalan di Rengganis Suspension Bridge dengan suguhan view alamnya, di ujung jembatan ini terdapat resto dengan view menarik dan wisata Kawah Rengganis yang airnya hangat dan aman digunakan untuk mandi.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi ini disebut sebagai jembatan terpanjang se-Asia Tenggara. Panjangnya mencapai 370 meter dan berada di ketinggian 150 meter dari permukaan tanah.


Kawah Rengganis Ciwidey.

sc.instagram/@travel.bandung.ciwidey

Sebelum ada tempat wisata Rengganis Suspension Bridge di lokasi ini sebelumnya terkenal dengan keindahan pesona alam serta air panas yang ada di Kawah Rengganis Ciwidey punya nilai historis yang kuat karena merupakan hasil dari letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi sejak jutaan tahun lalu.

Kawah aktif dari letusan gunung tersebut sampai sekarang masih ada dan menjadi objek wisata. Keindahan Kawah Rengganis terbentuk oleh alam, sehingga keindahannya pun alami


Lokasi. 

Rengganis Suspension Bridge berada di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung,Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi ke obyek wisata ini sangat mudah.  

Pengunjung bisa keluar dari Jalan Tol Soreng-Pasir Koja (Tol Soroja). Perjalanan dari Tol Soroja ke Rengganis Suspension Bridge menempuh jarak 35 kilometer, atau sekitar satu jam 30 menit. 



Daya Tarik Wisata.

sc.instagram/@anthonytirtaa

Para pengunjung bisa bebas menikmati keindahan kawah dan hutan Cibuni dari atas jembatan gantung Rengganis Suspension Bridge dari jarak 70 meter di atas tanah.

Selain menikmati keindahan alam di kawah Rengganis Cibuni para pengunjung bisa merasakan sensasi jembatan bergoyang saat berada di Rengganis Suspension Bridge.

Para pengunjung bisa menikmati kabut yang menutupi jembatan gantung di Rengganis suspension Bridge seakan seperti berjalan menembus awan.


Struktur Jembatan.

sc.instagram/@yosepchoa

Guna menjamin keamanan pengunjung, Rengganis Suspension Bridge menggunakan kawat sling baja yang diimpor dari luar negeri serta telah melalui uji coba dan penelitian dari pabrik. 

Dalam pembangunannya, pihak perancang dan pengelola juga berkonsultasi dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Struktur Jembatan Kementerian PUPR. 

Sementara itu, lantai dasar jembatan menggunakan kayu ulin atau kayu besi yang didatangkan langsung dari Kalimantan. Demi keamanan, pengunjung yang melintas akan dilengkapi dengan tali pengaman yang terikat dengan sling baja.  

Pihak pengelola juga membatasi kapasitas pengunjung yang melintas di atas jembatan adalah 70 orang. 

Jembatan ini juga sudah di lengkapi safety berupa jaring di sisi kanan kirinya sepanjang jembatannya. Jadi kalau kalian mau berfoto sudah aman tapi tetap selalu berhati hati karena saat di tengah tengah anginnya cukup kencang.


Tiket Masuk. 

sc.instagram/@travel.bandung.ciwidey


Untuk harga tiket masuk Rengganis Suspension Bridge ini kalian bisa memilih berbagai paket tiket masuk. Paket tiketnya in terdiri dari paket VIP dan paket regular. Harganya terjangkau dan bisa mengakses ke beberapa fasilitas dan tempat wisata lainnya yang dekat dengan Rengganis Suspension Bridge. 

Berikut informasi mengenai harga tiket masuk Rengganis Suspension Bridge Bandung.

  • Paket VIP    100K
Meliputi : Suspension Bridge, Kawah Rengganis, Gratis Situ Patenggang, Pinisi Glamping Lakside / semua wahana.

Ketentuan : Kawah Rengganis, Pergi - Pulang melewati jembatan gantung, gratis Situ Patenggang ( hutan pinus ) dan Pinisi Glamping Lakside semua wahana.

  • Paket Reguler    70K
Meliputi : Susupension Bridge, Kawah Rengganis, Gratis Situ Patenggang, Pinisi Glamping Lakeside.

Ketentuan : Hanya melintasi satu kali di arah pulang dengan jalur turun menuju Kawah Rengganis lalu pulang melalui Jembatan Gantung, Gratis Situ Patenggang ( Hutan Pinisi ) dan Pinisi Glamping Lakeside

  • Kawah Rengganis    15K
Untuk wisatawan Mancanegara akan di kenakan biaya tambahan 50K dari semua paket tersebut.
Wahana Glamping Lakeside sendiri meliputi : Pinisi Resto, Walking Track Lakeside, Strawberry Farm, Golesat Circuit, Bukit Kelinci, Spider Balcony.

Dengan biaya segitu, traveler bisa menikmati pemandangan hutan hujan tropis yang masih sangat lebat di kaki Gunung Pangrango. Tertarik untuk berkunjung?


Jam Operasional 

Jam Buka Rengganis Suspension Bridge Bandung Jawa Barat.
Untuk jam bukanya dari Rengganis Suspension Bridge ini, jam bukanya setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore.

Jam Buka Rengganis Suspension Bridge Bandung
  • Setiap Hari    07.00 - 17.00 WIB

Fasilitas.

sc.instagram/@travel.bandung.ciwidey

Demi kenyamanan para wisatawan yang berkunjung, wisata jembatan Rengganis Suspension Bridge ini menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas diantaranya.

  • Area Parkir
  • Spot foto
  • Toilet
  • Mushola
  • Resto atau tempat kuliner
  • Dekat akses wisata Kawah Rengganis
  • Dan lain lain


Demikian ulasan informasi mengenai Rengganis Suspension Bridge, tempat wisata baru yang sedang hits di Bandung. Terimakasih telah mengunjungi artikel Jendeladunia16 ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi tempat berlibur di Bandung

Nb : Jangan lupa pantengin akun media sosial kita, agar anda semakin mudah mendapatkan info wisata terbaru update dari situs ini. Ikuti dan Sukai media sosial kita  Instagram & Facebook ...
Info Update cepat join in Telegram 

Posting Komentar

0 Komentar