Ads Top

Sampuran Bala Sihotang : Salah Satu Pemandian Yang Jernih di Samosir, Aktivitas Wisata & Lokasi

 jendeladunia16.com - Sampuran Bala Sihotang : Salah Satu Pemandian Yang Jernih dan Sakral di Samosir






pic by : instagram/@endriconaibaho  &  pic by : instagram/@gunturnainggolan







Sangat sayang rasanya, jika kita berpetualang ke Pulau Samosir tidak menjelajahi tempat-tempat yang bersejarah dimasa peninggalan leluhur bangsa batak. Selain mengetahui informasi pada tempat tersebut, tentu juga menarik untuk kita kunjungi. 


Sesuai dengan namanaya Rura Sihotang berada di kaki Gunung Ruhuk Taduhan, setengah desanya di kelilingi pengunungan yang tinggi dan indah yg di tumbuhi pepohonan kecik nan hijau, setengahnya lagi berada di tepian pantai Danau Toba.


Sejauh mata memandang pepohonan hijau dan sawah-sawah penduduk yang teratur berpadu dengan pesona Danau Toba nan cantik.







Lokasi.





pic by : instagram/@judika_tamba





Selain Sopo Guru Tatea Bulan atau Batu Hobon, tentu udah gak asing lagi yang namanya tempat pemandian keramat yang ada di Samosir. Sampuran Bala Sihotang misalnya, yang merupakan tempat pemandian si Raja Sihotang pada masa itu. 



Tempat ini menjadi tempat wisata yang sangat menarik bagi wisatawan yang ingin mengetahui manfaat air Sampuran Bala tersebut sekaligus berjiarah. Jika kamu ingin menjelajahi tempat yang bersejarah ini, Sampuran bala ini berada di ,Desa Dolok raja Sihotang, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara




pic by : instagram/@sabanps





Sampuran Bala merupakan suatu tempat yg mistis sekaligus bersejarah bagi bangsa batak, menurut urban legenda penduduk setempat ” Sampuran Bala” adalah satu tempat yang mistis dan sangat di hormati keberadaanya, sebab Sampuran Bala terdiri dari beberapa pohon besar dan mata air yang sangat bersih, yang Berada di kaki gunung Uruk Taduan di Desa Dolok raja Sihotang kecamatan Harian Samosir.


Konon mata air ini (Sampuran Bala) tidak pernah kering sampai sekarang ini, walaupun kemarau panjang melanda dan sampai kemarau berkesudahan, air tetap saja tidak mengering dan debit air akan pernah berkurang.



Dibawah pohon rindang besar ( jajabi ) ada kolam air atau sering orang bilang mual hangoluan (air kehidupan ) menurut penduduk setempat air Sampuran Bala ini merupakan air berkah yang bisa menyembuhkan penyakit, dimana air ini sering dimanfaatkan penduduk.







Aktivitas Wisata.




pic by : instagram/@gunturnainggolan




Ditempat ini anda bisa melakukan aktivitas berenang yang seru di Sampuran tersebut. Air yang bening dan sejuk serta suasana yang jauh dari keramaian. Sangat puas menikmati bermain air di sampuran tersebut.


Sebagai tempat yang sangat dihormati, tentu ada beberapa larangan yang harus kamu patuhi. Seperti tutur kata gak boleh sembarangan di sampuran ini, intinya hormati budaya setempat. 





Rute ke lokasi. 



Untuk sampai ke lokasi, agar lebih cepat. Kamu harus nyebrang ( Via Danau ). Dari pelabuhan parapat menuju ke Desa Dolok raja Sihotang, tepatnya di Pulau Samosir. 










Kalau nantinya Sampuran Bala ini sudah terekspose, tolong jaga Alam dan Lingkungannya, jangan sampai merusak. Kelak anak cucu kita bisa menikmatinya.






Sampuran Bala Sihotang : Salah Satu Pemandian Yang Jernih di Samosir, Aktivitas Wisata & Lokasi Sampuran Bala Sihotang : Salah Satu Pemandian Yang Jernih di Samosir, Aktivitas Wisata & Lokasi Reviewed by adenapriscillia on Maret 04, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.