Ads Top

Tanjung Meriam : Batu Tersusun Posisi Membidik, Potret Keindahan & Lokasi

jendeladunia16.com - Tanjung Meriam : Batu Tersusun Posisi Membidik, Potret Keindahan & Lokasi






pic by : instagram/@ama_ibu & pic by : instagram/@kiranalarasati








Alam semesta diciptakan Tuhan dengan milyaran hal menakjubkan didalamnya,keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat akan pesona alam yang begitu luar biasa.




Indonesia merupakan Negara yang memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.




Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun. Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke 'Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia.






Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi primadona pariwisata. Berbagai destinasi wisata dapat ditemukan. Mulai dari wisata pantai, laut, hingga perbukitan dengan pemandangan yang eksotis.





pic by : instagram/@alwibaharun9






Jika anda berencana liburan jauh ke Pulau Nusa Tenggara, Tepatnya di Nusa Tenggara Barat. Tentu akan banyak sekali beragam wisata yang sangat-sangat indah dan menarik untuk dikunjungi.  Terkenal dengan wisata baharinya seelok surga, cobalah kamu berwisata ke Pulau Sumbawa, tepatnya di Kabupaten Bima. 








Lokasi. 





pic by : instagram/@cungkring






Di Kabupaten Bima ada pantai yang punya bukit dipenuhi bebatuan heksagonal mirip seperti gambaran planet Kripton di film Superman. Namanya Tanjung Meriam, lokasinya terpencil yang terletak di Ujung timur berlokasi di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Tapi banyak traveler yang berminat berkunjung ke sana bahkan pernah juga digunakan untuk lokasi syuting acara traveling.



Tanjung Meriam merupakan wisata perbukitan dengan pemandangan bebatuan berbentuk heksagonal. Diketahui, batu-batu yang ada di tempat tersebut terbentuk alami oleh pembekuan magma dari perut bumi.








Daya Tarik Wisata. 





pic by : instagram/@ristanovelita





Keindahan pantai yang sungguh eksotis dan disuguhkan dengan pemandangan unik bukit yang dipenuhi bebatuan heksagonal mirip seperti gambaran planet Kripton di film Superman. 



Keajaiban alam diperbukitan disekitar pantai Tanjung Merian berbentuk heksagonal layaknya prisma yang punya nama beken columnar join. columnar joint yang ditemukan di Tanjung Meriam tersebut memiliki struktur yang sama dengan bebatuan di situs Gunung Padang. Bedanya jika batuan heksagonal di Gunung Padang kemungkinan besar dibawa oleh manusia,Sedangkan batu di Tanjung meriam ini diyakini terbentuk secara alami oleh alam.








Cara Menikmati Keindahan





pic by : instagram/@jesicawijaya04






Untuk menikmati keindahan formasi batuan columar joint di Bima ini, para wisatawan atau traveler harus menggunakan perahu. Sementara untuk akses darat hanya bisa dilalui dengan kendaraan motor trail, akan tetapi harus melewati rintangan berbahaya seperti pegunungan yang penuh bebatuan, tanjakan serta turunan yang curam dan sangat menantang.


Sebaiknya bagi anda yang ingin berkunjung ke Tanjung Meriam, lebih baik dengan cara menyewa perahu dari Pelabuhan Sape yang memakan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di lokasi ini.








Informasi.





Lokasi pariwisata yang ini, bagi penduduk atau nelayan di Kecamatan Sape dan Kecamatan Lambu, lebih dikenal dengan sebutan lokalnya Toro Maria. Sebab, istilah columnar joint dan Tanjung Meriam masih terasa asing ditelinga penduduk lokal.






Tanjung Meriam : Batu Tersusun Posisi Membidik, Potret Keindahan & Lokasi Tanjung Meriam : Batu Tersusun Posisi Membidik, Potret Keindahan & Lokasi Reviewed by adenapriscillia on Februari 11, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.