Ads Top

Candi Bahal : Situs Wisata Sejarah Peninggalan Kejayaan Budha di Sumatera Utara

 jendeladunia16.com -  Candi Bahal : Situs Wisata Sejarah Peninggalan Kejayaan Budha di Sumatera Utara







Mendengar kata Candi teman-teman pasti tahu Candi di Indonesia yang begitu terkenal yaitu Candi Prambanan dan Borubudur yang berada di Pulau Jawa. Tapi pernakah anda mendengar candi Bahal ?. 



Candi Bahal merupakan Candi Budha aliran Vajrayana yang berada di Desa Bahal, Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Candi ini merupakan sebuah peninggalan situs sejarah yang kini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. 


Candi ini merupakan kompleks candi (dalam istilah setempat disebut biaro) yang terluas di provinsi Sumatra Utara, karena arealnya melingkupi kompleks Candi Bahal I, Bahal II dan Bahal III.






Seluruh bangunan di ketiga kompleks candi dibuat dari bata merah, kecuali arca-arcanya yang terbuat dari batu keras. Masing-masing kompleks candi dikelilingi oleh pagar setinggi dan setebal sekitar 1 m yang juga terbuat dari susunan bata merah. 


Di sisi timur terdapat gerbang yang menghadap keluar dan di kanan-kirinya diapit oleh dinding setinggi sekitar 60 cm. Di setiap kompleks candi terdapat bangunan utama yang terletak di tengah halaman dengan pintu masuk tepat menghadap ke gerbang.

 

Candi Bahal merupakan kompleks candi yang terdiri dari satu bangunan induk dan empat struktur perwara. Dibuat dari bata, berada di sebelah barat daya sungai Batang Pane sekitar 200 meter dari tepi sungai.


Bangunan Candi ini memiliki ukuran yang kecil, tidak seperti candi-candi yang ada di pulau jawa. Bangunan Candi ini terdiri dari Atap Candi, Badan Candi, Kaki Candi, Batur Candi, dan Makara Candi.



Daya Tarik & Aktivitas Wisata.






Daya Tarik wisata ini terdapat di Bangunan Candi. Bentuk bangunan yang unik dan bersejarah merupakan tempat yang layak untuk dikunjungi. Selain itu lokasi bangunan ini strategis akan lingkungan alam, seperti luas akan rerumputan hijau dan pepohonan sekelilingnya akan menambah suasana di tempat ini semakin asri.


Candi ini menjadi tujuan para wisatawan untuk berlibur di akhir pekan, dan tempat terbaik juga untuk melepaskan jenuh sesaat. 


Candi Bahal ini memiliki sebuah museum yang terletak di sebrang pos penjagaan Candi Bahal I. Di Museum tersebut kamu akan mengetahui sekaligus melihat berbagai jenis-jenis candi bahal yang masih belum diketahui. Selain melihat relief bangunan serta mengetahui sejarah akan Candi Bahal ini. Aktivitas wisata berikutnya di tempat ini ialah berfoto. 







Akses ke Lokasi.


Candi Bahal berlokasi di Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Untuk berkunjung ke Objek Wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Padangsidempuan.


Pintu masuk ke Kompleks Candi Bahal terletak di Desa Bahal melalui penyeberangan Portibi di kota Gunung Tua.


Situs ini sekitar 400km dari Medan, ibu kota Sumatera Utara, dan bisa ditempuh mengikuti rute Medan-Padang Sidempuan-Padang Bolak- Desa Bahal. Seluruh perjalanan akan memakan waktu sekitar 12 jam.










.



Candi Bahal : Situs Wisata Sejarah Peninggalan Kejayaan Budha di Sumatera Utara Candi Bahal : Situs Wisata Sejarah Peninggalan Kejayaan Budha di Sumatera Utara Reviewed by adenapriscillia on Oktober 08, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.