Ads Top

Wisata Batu Guru, Batu Bersimbol Filsafat Dalihan Na Tolu

jendeladunia16.com - Wisata Batu Guru, Batu Bersimbol Filsafat Dalihan Na Tolu  

Wisata Batu Guru, Batu Bersimbol Filsafat Dalihan Na Tolu

Welcome back to Admin... Seperti biasa nih, kali ini saya akan memberikan info yang penting bagi kita selaku penikmat wisata, dan budaya. Bagi orang batak pasti taulah apa itu Dalihan Na Tolu ? ... Jujur saya sendiri sebetulnya juga tidak tau apa itu Dalihan Na Tolu. Menurut admin, Dalihan Na Tolu itu merupakan filsafat yang besar dalam kekerabatan masyarakat batak. 

Nah kali ini kita tidak membahas secara detail apa itu Dalihan Na Tolu. Tapi teman-teman, saya akan memperkenalkan kepadamu kamu sekalian satu destinasi wisata area danau toba, yang dimana wisata ini berhubungan dengan awalnya filsafat Dalihan Na Tolu Tersebut. 

Objek wisata ini berbentuk batu dengan ukuran batu terbilang besar. Batu ini dinamakan Batu Guru. Batu guru merupakan batu Monoloit yang berjarak sekitar 50 meter dari tepi pantai Danau Toba di Harian Silulu, Dusun III Pangaloan, Kecamatan Nainggolan, Samosir.

Wisata Batu Guru, Batu Bersimbol Filsafat Dalihan Na Tolu

Disini kamu bisa menikmati pemandangan alam danau toba. Ditambah lagi teman-teman bisa juga mandi dipinggir danau ini. Buat kamu yang ingin melihat lebih dekat bentuk batu ini. Kamu bisa mencobanya dengan menaiki perahu. Perahu ini akan mengantar kamu batu guru tersebut. Tapi kalau masalah biaya, Admin tak tau berapa. So buat kamu yang ingin berlibur ke sini dengan kesan yang puas. Kamu bisa mencoba langsung untuk menelusuri keindahan dan fenomena batu guru ini 

Batu ini telah berusia ribuan tahun, dimana batu besar yang tampak mengapung ini ternyata ditopang oleh 3 buah batu yang menggambarkan ketiga Dali, yaitu Somba Marhula-hula, Elek Marboru, Manat Mardongan Tubu. Disebut Batu Guru, konon dulunya batu ini dapat berpindah tempat, sehingga seorang bernama Guru Datu Parulas menghentikan batu tersebut dengan melangsungkan acara ritual. Sehingga banyak masyarakat mengungkapkan bahwa batu mempunyai kekuatan tertentu.

Wisata Batu Guru, Batu Bersimbol Filsafat Dalihan Na Tolu

Batu ini merupakan salah satu salah satu peninggalan sejarah Batak yang mengisahkan pertarungan antar Raja Batak yang mengakibatkan terjadinya pertikaian dua buah batu besar yang kemudian terpisah di lokasi yang berbeda, satu di daratan perkampungan dan satu lagi di tepi Danau Toba.

Wisata Batu Guru, Batu Bersimbol Filsafat Dalihan Na Tolu

Nah gimana nih, apakah kamu tertarik untuk berlibur ke Batu Guru ini. Menikmati liburan dengan keindahan danau toba, disini kamu juga bisa mengetahui sedikit sejarah batak yang bisa menambah wawasan kamu akan budaya ataupun sejarah kehidupan leluhur kita pada masa itu. So tunggu apalagi nih ? ..... Y__U__K !





Wisata Batu Guru, Batu Bersimbol Filsafat Dalihan Na Tolu Wisata Batu Guru, Batu Bersimbol Filsafat Dalihan Na Tolu  Reviewed by adenapriscillia on Juli 22, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.