Ads Top

Beta Martandang πŸ‘« | Defenisi Martandang dalam Masyarakat Batak

jendeladunia16.com -  Beta Martandang πŸ‘« | Defenisi Martandang dalam Masyarakat Batak 

Beta Martandang πŸ‘« | Defienisi Martandang dalam Masyarakat Batak


Hello__Welcome back to admin. Kali ini admin akan memberikan satu info penting tentang Martandang. Berhubungan karena ini malam minggu, admin akan mengajak teman-teman sekalian apa sih itu Martandang. Teman-teman pasti taulah apa itu martandang, dari kata tersebut kita sebagai manusia sangat pasti melakukannya. 

Dalam Kamus bahasa indonesia Martadang mempunyai arti sebagai mengunjungi seseorang Pria/Wanita atau Datengin rumah pacar / kencan bareng pacar. Dalam bahasa gaulnya itu "NGAPEL" NO Ngepel !!! . Okay, mohon dipahami. 

Dalam setiap daerah pasti mempunyai kata Ngapel pasti berbeda dalam pengucapan bahasa. Seperti bahasa daerah batak toba. Kata Ngapel disebut dengan Martadang. Maksud dan tujuan kata tersebut sangat sama. "Apasih tujuan admin memberikan info ini" ?. Tujuan saya ingin mengartikan luas apasih Martandang dalam kita masyarakat batak. Nah saya harap teman-teman yang baca ini bisa menikmatinya. 

Beta Martandang πŸ‘« | Defenisi Martandang dalam Masyarakat Batak

Secara Harifah, Martandang diartikan keluar kandang, Melawat, ataupun berkunjung ke desa orang lain atau kerumah orang lain. Dalam adat batak Toba, Martandang merupakan etika pergaulan yang mempertemukan seorang Laki-laki (Doli) dan Wanita "Yang pastinya Anak Gadis" (Boru). Dalam bahasa sehari-hari ini disebut dengan kencan atau bahasa jawa nya Ngapel.

Biasanya dalam Martandang, seseorang Pria akan martandang sesudah Telungkup Priuk atau malam hari. Selain itu ada juga yang mengajak muda-mudi lainnya menghabiskan malam di halaman balai desa, seperti bakar-bakar, atau bernyayi sambil bermain gitar. 

Kalu kamu mertandangnya seperti apa ? , Ingat jangan kelewatan batas ya ,kalau masih berpacaran !... Terutama bagi Pria, harus ada batasannya saat kamu berkencan dengan pacarmu. Kalau kamu sayang dengan pacarmu, kamu harus menjaganya bukan merusak nya. Ingat yang melahirkan adalah Seorang Wanita. So jangan kelewatan !!!1. 

Dijaman sekarang ini, jaman semakin hancur. Kehidupan semakin bebas. Banyak wanita yang masih dibawah umur rusak, dan masa depan pun susah digapi hanya dengan rayuan sesaat sang lelaki. Jadi buat seluruh Para Wanita, Jangan mudah terbawa arus akan kata Rayuan. Ingat Bahwa kamu itu adalah Seorang Putri, yang kehadiran mu banyak ditunggu pria. Yang kehadiran mu harus dibayar mahal dengan adat (Pernikahan).

Intinya jangan B*doh.... 
Semoga info ini bisa bermanfaat bagi kita semua... Sampai jumpa di artikel yang menarik berikutnya...  


Beta Martandang πŸ‘« | Defenisi Martandang dalam Masyarakat Batak Beta Martandang πŸ‘« | Defenisi Martandang dalam Masyarakat Batak Reviewed by adenapriscillia on Juli 25, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.