Ads Top

Balerong Onan Balige, Ikonik dari Kota Balige | Pasar Tradisional & Tempat Bersejarah !

jendeladunia16.com - Balerong Onan Balige, Ikonik dari Kota Balige | Pasar Tradisional & Tempat Bersejarah !

Balerong Onan Balige, Ikonik dari Kota Balige | Pasar Tradisional & Tempat Bersejarah !

Welocome back to admin... 😅
Kali ini kita akan membahas suatu icon dari kota Balige. Kota Balige adalah sebuah kecamatan dan juga merupakan ibu kota dari Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Indonesia. Di balige sendiri teman-teman bisa banyak menjumpai beberapa tempat destinasi wisata, Seperti bukit tarabunga, Wisata Pantainya, dan Musesum Batak, Atau mengunjungi tempat bersejarah lainnya. 

Di artikel kali ini admin akan memperkenalkan satu tempat bersejarah di kota Balige. Tempat ini udah pasti sangat familiar bagi kita yang tinggal di kota Balige, ataupun tinggal di Kabupaten Tapanuli Utara.  Karna tempat ini pasti akan kamu lewati saat kamu pulang kampung menuju ke Kabupaten Tapanuli Utara. Saat siang tempat ini sungguh sangat ramai, kadang mau sampai macet, tapi kalau malam tempat ini sunyi,dengan indahnya warna lampu bewarna-warni akan membuat suasana begitu seduh. 

Tempat ini merupakan pasar Tradisional masyarakat kota Balige sekaligus tempat wisata. Apakah teman-teman tahu ini apa ?. Tempat ini dinamakan Onan Balerong atau Balerong Onan Balige. 

Balerong Onan Balige, Ikonik dari Kota Balige | Pasar Tradisional & Tempat Bersejarah !

Balerong Onan Balige merupakan satu-satunya pasar bersejarah peninggalan belandan berornamen Batak, yang terletak Kecamatan Balige, Kabupaten Toba. Bagunan ini dibangun pada tahun 1936 oleh para kolonial belanda. 

Belarong Onan Sendiri merupakan pasar tradisional bagi masyarakat Balige. Pasar ini dijadikan pusat perdagangan baik itu perdagangan dari luar daerah.Bangunan pasar ini unik karena arsitektur bangunannya mirip dengan rumah adat Batak.

Seperti pasar pada umumnya, Onan Balerong ini dijadikan tempat bertemunya para penjual dan pembeli, serta tempat berinteraksinya masyarakat Balige. 

Keunikan lain dari pasar ini adalah ornamen Gorga, yakni seni ukir atau pahat khas Batak yang terdapat pada bagian luar rumah adat Batak, dimana coraknya mempertahankan bentuk pola ukiran tradisional. Pada hari biasa hanya ratusan pedagang yang berjualan di sini, namun pada hari Jumat bisa mencapai 2000 pedagang.👏

Balerong Onan Balige, Ikonik dari Kota Balige | Pasar Tradisional & Tempat Bersejarah !

Onan Balerong tidak hanya sekedar Pasar, namun juga menjadi salah satu destinasi wisata bagi para wisatawan yang berlibur ke Balige atau bahkan yang hanya sekedar melewati Balige tepatnya di jalan Sisingamangara, Balige, Kab Toba yang akan memikat mata para wisatawan yang melintasi daerah tersebut.

Jadi kalian yang lagi liburan ke balige, jangan lupa untuk mampir berbelanjan di pasar ini. Segala jenis sayur segar, buah, cabai Segar, dan ikan, serta makanan khas balige bisa kamu beli disini, dan yang pastinya harga pun juga terjangkau. Okay sampai sini dulu artikel nya teman-teman Samapi jumpa di artikel wisata & budaya berikutnya. 

Share dan coment, kalau sempat saya balas ...😁. 
.
Balerong Onan Balige, Ikonik dari Kota Balige | Pasar Tradisional & Tempat Bersejarah ! Balerong Onan Balige, Ikonik dari Kota Balige | Pasar Tradisional & Tempat Bersejarah ! Reviewed by adenapriscillia on Juli 27, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.