Ads Top

Arti Yang Dalam Dari Simbol Cicak dan Empat Payudara Bagi Suku Batak

jendeladunia16.com -  Arti Yang Dalam Dari Simbol Cicak dan Empat Payudara Bagi Suku Batak

Arti Yang Dalam Dari Simbol Cicak dan Empat Payudara Bagi Suku Batak

Saya sebagai bagian dari Suku Batak yaitu Batak Toba bangga dengan segala unsur budaya yang dimiliki. Setiap unsur budaya memiliki arti cerminan kehidupan sosial yang baik setiap individu. 

Orang batak pasti pernah melihat oranamen Cicak dan payudara di rumah adat batak. Ornamen seperti ini bakal kita jumpai saat kita berada di Desa Tomok, Pulau Samosir. Tapi tahukah kalian, ornamen tersebut dibuat bukan asal dibuat saja, melainkan ornamen tersebut dibuat memiliki  arti yang dalam kehidupan kita sehari-hari khususnya anak batak. 

Nah kali ini Admin akan memberikan makna dari ornamen tersebut, mungkin sebagian dari kita uda ada nih yang mengetahuinya, dan buat kamu yang belum tau , berikut makna ornemen Cicak dan Empat Payudara tersebut. 😀

Arti Yang Dalam Dari Simbol Cicak dan Empat Payudara Bagi Suku Batak

Cicak meru­pakan binatang yang se­lalu ada di­mana-mana, ter­ma­suk di se­tiap rumah. Nah, orang Batak juga diharapkan bisa men­jadi seperti cicak, bisa ‘menem­pel’ di­mana-mana, meskipun bukan di rumah­nya sendiri. Maksud­nya, suku Batak yang ser­ingkali mer­an­tau harus­lah da­pat ting­gal dan be­radap­tasi di­mana­pun tem­pat perantauan­nya 👍
.
Sementara empat payudara di­mak­sud­kan un­tuk melam­bangkan sosok ibu yang penuh den­gan un­sur ke­hidu­pan, kasih sayang, ke­su­cian, dan ke­sub­u­ran. Seperti suku-suku lain­nya, suku Batak juga se­lalu menjunjung dan menghormati ibunya 👩💓. Dulu, sosok wanita ideal pada suku Batak juga digam­barkan den­gan wanita yang berpayu­dara be­sar karena diyakini dapat memberikan ASI berlimpah dan berman­faat bagi kesehatan anak-anaknya.
.
Simbol cicak dan em­pat payu­dara terse­but juga po­sisinya se­lalu sama, yakni cicak yang menghadap keem­pat payu­dara. Ini artinya orang Batak se­lalu mengin­gat dan pu­lang ke tanah ke­lahi­ran di­mana ibunya be­rada, walau sejauh apapun mereka mer­an­tau.
.
Nah, kalian sudah tahu kan makna dari simbol unik tersebut. Buat kalian yang penasaran dengan simbolnya, kalian bisa datang ke Parapat, Danau Toba, Sumatera Utara dan nyebrang langsung ke Tomok untuk melihat langsung simbol unik tersebut.

Nb : Dimana pun kamu berada, Dimana pun kamu bekerja, Jangan pernah kamu melupakan segala apa yang telah diberikan Orang tua mu kepadamu, "Apalagi Umak/Ibu mu. Biarlah Doa dalam di setiap hari mu selalu ada, Agar mereka yang kamu sayangi masih bisa melihat indahnya dunia mu di kehidupan yang datang.










Arti Yang Dalam Dari Simbol Cicak dan Empat Payudara Bagi Suku Batak Arti Yang Dalam Dari Simbol Cicak dan Empat Payudara Bagi Suku Batak Reviewed by adenapriscillia on Juli 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.