Ads Top

Mengulik Sejarah Lagu Butet, Lagu Perjuangan Rakyat Batak

jendeladunia16.com - Mengulik Sejarah Lagu Butet, Lagu Perjuangan Rakyat Batak

Mengulik Sejarah Lagu Butet, Lagu Perjuangan Rakyat Batak

Lagu butet adalah lagu daerah yang berasal dari Tapanuli Tengah provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan sejarah lagu butet sampai saat ini tidak diketahui siapa pencipta lagu tersebut, hal itu dibuktikan dalam sampul kaset atau lagu yang sering dinyanyikan pada saat menjelang kemerdekaan yang nama penciptanya ditulis NN. (No Name)

Namun menurut pengakuan warga Sitahuis dan Desa Nagatimbul bahwa lagu itu dinyanyikan br Tobing warga Sitahuis sewaktu menina bobokan borunya (Butet dalam bahasa batak). Kecamatan Sitahuis juga adalah pintu pertama masyarakat Toba masuk ke Tapteng dan Sibolga, tempat marga Hutagalung pertama menetap (Simaninggir) sebelum ke Sibolga Julu.

Mengulik Sejarah Lagu Butet, Lagu Perjuangan Rakyat Batak


Asal usul lagu butet dimulai ketika lagu Butet dinyanyikan di Gua perjuangan yang terdapat di hutan Nagatimbul, dimana masyarakat Sitahuis dan Nagatimbul bersembunyi di gua tersebut, sementara kaum pria waktu itu berada di Sitahuis untuk berjaga-jaga.

Desa-desa di Sitahuis yang memanjang mengikuti kontur lereng gunung Bukit Barisan mengikuti alur jalan Lalu Lintas Sibolga Medan, menjadikan semua desa di sini menyempit dan tidak banyak tanah datar (lapang).

Selain jejak sejarah sitahuis memiliki panorama gunung yang menakjubkan yang bila dikelola akan banyak menciptakan lapangan kerja di bidang wisata pegunungan seperti hotel, camping, out bond, hiking, gantole, terbang layang dan flora (bunga-bungaan).





Mengulik Sejarah Lagu Butet, Lagu Perjuangan Rakyat Batak Mengulik Sejarah Lagu Butet, Lagu Perjuangan Rakyat Batak Reviewed by adenapriscillia on Juni 19, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.