Ads Top

Ikan Asing Budu Talang, Oleh-Oleh Khas Masyarakat Sibolga

jendeladunia16.com - Ikan Asing Budu Talang, Oleh-Oleh Khas Masyarakat Sibolga


Di berbagai daerah banyak memiliki keunggulan pengolahan ikan laut, baik olahan makanan, masakan, maupun olahan ikan asin dan kering. Tapteng Sibolga memiliki keunggulan pengolahan ikan asin "Budu Talang" yang tidak ada di kota/daerah lain manapun. Boleh dikatakan inilah salah satu ciri khas yang boleh diangkat menjadi ikon daerah tersebut.

Teknik pengolahan ikan budu talang ini semenjak dahulu secara turun temurun telah menjadi rahasia keluarga nelayan tertentu. Tidak semua orang bisa menirunya. Ikan talang yang akan diolah jadi budu terlebih dahulu di busukkan dengan cara digantung lebih sehari secara terbalik.

Bau busuk yg timbul menandakan ikan tersebut telah bisa dibersikan dan diolah,kemudian ikat tersebut dibawa ke sungai yang airnya mengalir, agar bau amis tidak mengundang binatang lain mendekat.



Pembusukan dilakukan dalam kondisi ikan masih utuh, dalam kondisi perut ikan belum dibersihkan.Pembusukan ini juga dilakukan agar dagingnya lunak dan lembut saat bumbu yang dilumurkan gampang diserap daging ikan tersebut.

Cara membelah ikan memanjang dari kepala sampai ekor (belah punggung) lalu dijemur di terik matahari dibantu kayu tipis yang disanggahkan dari sisi pinggir kulit agar ikan tidak menggulung dan keringnya merata.

Saat ini ikan budu talang dengan penanganan khas tersebut hanya ada di Sorkam, sehingga tidak heran jika ikan tersebut jadi rebutan. Buat kamu yang lagi liburan ke Sibolga, ada baiknya kamu memesannya di jauh hari agar tidak kehabisan.

Banyak cara mengolah ikan budu ini, di gulai, di bakar, di goreng dan disarundeng. Yang jelas saat kita pulang dari Sibolga pertama-tama ditanyakan apakah bawa oleh-oleh ikan asin budu talang ?....





Ikan Asing Budu Talang, Oleh-Oleh Khas Masyarakat Sibolga Ikan Asing Budu Talang, Oleh-Oleh Khas Masyarakat Sibolga Reviewed by adenapriscillia on Juni 16, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.