Breaking

Selasa, 12 Mei 2020

Tari Fataele (Tari Perang), Tradisi Budaya dari Nias Selatan

jendeladunia16.com - Tari Fataele (Tari Perang), Tradisi Budaya dari Nias Selatan

Tari Fataele (Tari Perang), Tradisi Budaya dari Nias Selatan

Pulau nias memiliki tradisi yang unik. Pulau yang terletak di Sumatera Utara ini, selain yang kita ketahui tradisi lompat batu, ternyata di nias juga memiliki tradisi kesenian tari, yaitu Tari Perang.

Selain memiliki kekayaan alam yang begitu indah. Pulau nias juga terkenal dengan seni dan budaya yang patut untuk kita nikmati. Pulau yang terletak sekitar 85 Mil dari kota sibolga ini merupakan pulau yang di isi beberapa pulau kecil dan dikelilingi Samudera Hindia.

Pulau nias terdiri dari beberapa Kabupaten, Yaitu Nias Selatan, Nias Utara, dan Nias Barat. Kesenian atau tradisi pulau nias yang mungkin sudah menjadi identitas Nias ialah Tradisi Lompat Batu. Tradisi ini kemudian menjadi dagang utama Pariwisata Nias. Selain itu Tradisi (Lompat Batu) ini juga sudah tua, sehingga patut untuk dilestarikan.

Tari Fataele (Tari Perang), Tradisi Budaya dari Nias Selatan

Selain tradisi Lompat Batu, ada juga nih tradisi unik yang dimiliki suku Nias, Tradisi ini dinamakan Tari Fataele (Tari Perang). Dalam tarian Fataele biasanya penari akan mengenakan pakaian warna-warni, yang terdiri dari warna hitam,kuning,merah, dan dilengkapi dengan mahkota ikat kepala.

Baca Juga Lompat Batu,Tradisi Budaya Iconik Dari Suku Nias

Layaknya kesatria dalam peperangan penari juga membawa pedang,tombak,tameng,sebagai alat pertahanan saat menghadapi musuh. Ketikan dipertunjukkan proses tarian ini dipimpin oleh seorang komando. Layaknya prosesi perang yang dipimpin oleh Panglima.

Tari Fataele (Tari Perang), Tradisi Budaya dari Nias Selatan

Tarian dimulai dengan gerakan kaki maju,mundur, sambil dientak,dan meneriakkan kata-kata pembangkit semangat untuk berperang. Makna gerakan ini ialah, adalah kesiapan pasukan untuk terjun ke medan perang dengan penuh semangat kepahlawanan, kemudian di ikuti dengan formasi melingkar yang bertujuan untuk mengepung musuh.

Seni Tradisi Tari Fataele ini merupakan kesenian dari Nias Selatan. Oleh karna itu hanya terdapat di desa Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan.

Tari Fataele (Tari Perang), Tradisi Budaya dari Nias Selatan

Nah buat teman-teman yang ingin langsung melihat tradisi ini juga bisa kok. Apalagi kamu ini sedang berwisata ke pulau Nias.  Jika ingin menyaksikan tradisi Tari Fataele, teman-teman bisa datang ke Desa Teluk Dalam.

Banggakan Jadi Anak Indonesia..... :D. Punya budaya serta kekayaan alam yang begitu melimpah,semua itu bisa kamu nikmati di Indonesia. Jadi apa teman-teman masih mau nih liburan ke luar negeri ? ...... wkwkwkkw :D. Jangan pada baper ya ..... Happy Holiday.......

1 komentar:

  1. Semoga bisa kesana,, ,

    Kunjungi juga : www.backpackercool.blogspot.com

    salam kenal

    BalasHapus