Ads Top

Berwisata ke Makam Raja Sidabutar, Sosok Sang Penguasa Tomok

jendeladunia16.com - Berwisata ke Makam Raja Sidabutar, Sosok Sang Penguasa Tomok

Berwisata ke Makam Raja Sidabutar, Sosok Sang Penguasa Tomok
instagram/@victorvacationofficial

Kalau kamu ke Medan kurang puas rasanya kalau kamu gak mampir ke Danau Toba. Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar vulkanik di Dunia. Kalau kamu sedang berwisata ke danau toba, sayang banget nih kalau kamu tidak menyempatkan berlibur ke Pemakaman Raja Sidabutar sang penguasa Tomok.

Tempat ini merupakan tempat wisata cagar budaya yang ada di pulau Samosir, yang memancarkan budaya masa batak jaman dulu dari kelompok etnis Batak yang berada di tengah keindahan alam Danau Toba yang menakjubkan.

Pulau Samosir juga dikenal dengan banyaknya bukti peninggalan sejarah. Salah satunya ialah Makan Raja Sidabutar yang terletak di Desa Ambarita. Seseorang tokoh yang dipercaya sebagai manusia pertama kali yang menginjakkan kaki di pulau samosir.

Berwisata ke Makam Raja Sidabutar, Sosok Sang Penguasa Tomok
instagram/@calvin_oky

Makam Raja Sidabutar ini merupakan salah satu bukti peninggalan Zaman Megalitikum. Zaman dimana manusia sudah dapat membuat hal-hal yang terbuat dari batu-batu besar.

Konon katanya Raja Sidabutar merupakan Raja yang sangat sakti. Kesaktian ini berasal dari rambutnya yang panjang dan gimbal. Semasa hidupnya ia telah mempersiapkan makamnya dengan memerintahkan pemahat batu terbaik di pulau samosir.

Berwisata ke Makam Raja Sidabutar, Sosok Sang Penguasa Tomok
instagram/@engageman

Makam Raja Sidabutar sendiri merupakan makam yang terbesar di kompleks ini, dan sudah berumur sekitar lebih 400 tahun, dan informasi yang Ade dapatkan nih dari penjaga situs sejarah makam ini, Raja Sidabutar ini wafat sekitar pada tahun 1544.

Sebelum memasuki makam. Pengunjung wisatawan harus mengenakan ulos sebagai simbol kesopanan. Ketentuan ini harus kita taati saat berkunjung ke tempat-tempat yang dianggap sebagai situs sejarah budaya adat batak.

Berwisata ke Makam Raja Sidabutar, Sosok Sang Penguasa Tomok
instagram/@herlinasidabutar

Di tempat ini, kamu akan mengetahui semua sejarah pada masa kerajaan Raja Sidabutar 1 sampai Raja Sidabutar ke 3. Selain itu, buat teman-teman yang berkunjung ke makam ini, agar tetap menjaga sopan santun, yang dimana tempat wisata situs sejarah ini masih terbilang sangat sakral.

Selain mengetahui sejarah, kamu juga bisa melihat panorama yang ditawarkan kepada anda, sekaligus berwisata ke tempat-tempat yang menarik di desa Ambarita.

Jadi apakah kamu tertarik untuk berkunjung ? .... Semoga liburan kamu menyenangkan teman-teman, Happy Holiday ....

Berwisata ke Makam Raja Sidabutar, Sosok Sang Penguasa Tomok Berwisata ke Makam Raja Sidabutar, Sosok Sang Penguasa Tomok Reviewed by adenapriscillia on Mei 03, 2020 Rating: 5

1 komentar

  1. (Revisi) Makam Raja Sidabutar, terletak di Desa Tomok, Samosir.

    BalasHapus

Related Post No.