Breaking

Sabtu, 16 Mei 2020

Batu 8 Penjuru Mata Angin, Simbol Bahwa Bangsa Batak itu Menyebar ke Berbagai Tempat Kepulauan Indonesia Hingga Keluar Negeri.

jendeladunia16.com -  Batu 8 Penjuru Mata Angin, Simbol Bahwa Bangsa Batak itu Menyebar ke Berbagai Tempat Kepulauan Indonesia Hingga Keluar Negeri.

 Batu 8 Penjuru Mata Angin Simbol Bahwa Bangsa, Batak itu Menyebar ke Berbagai Tempat Kepulauan Indonesia Hingga Keluar Negeri.

Pulau Samosir merupakan tempat asal muasal Bangsa Batak. Kawasan yang dikelilingi oleh danau toba ini terdapat memiliki banyak tempat yang dianggap sebagai titik mula asal mula si raja batak. Salah satunya yang dianggap paling Sakral dan keramat ialah Bukit Pusuk Buhit dan kawasan sekitarnya.

Pusuk Buhit merupakan puncak tertinggi di wilayah kawasan danau toba. Puncak ini memiliki ketingian +-1972 MDPL, dan dianggap sebagai tempat awal kemunculan nenek moyang bangsa batak.

Selain menikmati panorama alam yang begitu indah, di Pusuk Buhit kita juga dapat belajar sejarah tentang asal mula orang Batak dengan berbagai peninggalan sejarah yang masih terjaga. Orang batak meyakini bahwa nenek moyang mereka (Si Raja Batak) merupakan manusia setengah dewa yang diturunkan langsung ke Pusuk Buhit.

 Batu 8 Penjuru Mata Angin Simbol Bahwa Bangsa, Batak itu Menyebar ke Berbagai Tempat Kepulauan Indonesia Hingga Keluar Negeri.

Salah satunya ialah batu 8 penjuru mata angin. Batu ini merupakan simbol menjadi bukti jika raja batak dahulu memerintahkan para keturunannya untuk menyebar ke berbagai tempat kepulauan Indonesia hingga keluar negeri. Makanya tak heran, banyak warga etnis batak tinggal di berbagai daerah kepulauan Indonesia hingga manca negara, sebab nenek moyang bangsa batak dahulu sudah mengajarkan kepada keturunannya agar  menyebar atau Merantau ke suatu tempat dan menetap hingga beranak cucu.

Batu 8 penjuru mata angin ini terletak di atas batu perbukitan, sehingga banyak pendaki sulit untuk menemukan batu ini, padahal lokasi batu ini pasti kita lewati saat saat kita ingin naik ke puncak bukit Pusuk Buhit.

 Batu 8 Penjuru Mata Angin Simbol Bahwa Bangsa, Batak itu Menyebar ke Berbagai Tempat Kepulauan Indonesia Hingga Keluar Negeri.

Sejarah leluhur adalah suatu kisah masa lalu yang kemungkinan besar sulit untuk diyakini dan dipercaya,Tapi  bahwa sesuatu yang diceritakan itu benar adanya, namun alangkah baiknya kita sebagai generasi penerus sejarah meyakini dengan harapan dan dapat meluruskan suatu sejarah itu untuk sama - sama memahami demi kemajuan bersama, agar generasi yang akan datang sebagai generasi penerus memahami dengan nilai positif.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang ingin mengetahui akan wisata sejarah leluhur yang ada di kawasan Pusuk Buhit ....Jika ada yang ingin ditambahkan untuk artikel  ini. Silahkan teman-teman beri komentar, Ade siap dan senang hati untuk membalas komentar dari kalian.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar