Breaking

Kamis, 27 Februari 2020

Lompat Batu,Tradisi Budaya Iconik Dari Suku Nias

jendeladunia16.com -  Lompat Batu,Tradisi Budaya Iconik Dari Suku Nias

Lompat Batu,Tradisi Budaya Iconik Dari Suku Nias
instagram/@sarahmuksin

Indonesia merupakan negara yang begitu kaya akan suku budaya yang dimiliki. Bukan hanya alam, Tradisi setiap suku daerah yang begitu unik dan mendunia membuat negara ini semakin terkenal akan pesonanya. Salah satunya ialah tradisi budaya dari Suku Nias, yakni 'Lompat Batu'.

Tradisi lompat batu atau yang biasa disebut oleh suku Nias sebagai Fahombo batu adalah merupakan tradisi yang menunjukkan bagi kaum pria menuju dewasa. Batu ini memiliki ketinggian sekitar 2 meter dengan ketebalan batu 50 cm.

Lompat Batu,Tradisi Budaya Iconik Dari Suku Nias
instagram/@sultanlayur

Dulunya tradisi lompat batu ini berguna untuk memilih pemuda sebagai syarat bagi pemuda desa untuk bisa ikut berperang, yang dimana dahulu perang antar-wilayah memang sering terjadi di sini. Tapi sekarang pada umumnya Tradisi ini menggambarkan seorang pemuda siap menuju dewasa baik itu segi mental, fisik, serta akhlak perilaku.

Biasanya lompat batu ini akan dilakukan oleh satu pemuda yang di depan para tetua adat, serta disaksikan oleh masyarakat. Aksi Lompat Batu dimulai dengan Pemuda sudah berpakaian khas prajurit kerajaan dengan warna khas Nias, yaitu merah, kuning, dan hitam.

Lompat Batu,Tradisi Budaya Iconik Dari Suku Nias
instagram/@adyanto007

Selain diselenggarakan untuk tradisi budaya, Tradisi lompat batu ini juga sering dilakukan untuk menyambut tamu-tamu penting saat berkunjung, Seperti Bapak Presiden serta pejabat-pejabat negara pusat. Bukan hanya itu tradisi ini juga sering diselenggarakan saat acara festival budaya nusantara.

Lompat Batu,Tradisi Budaya Iconik Dari Suku Nias
instagram/@edoitamm

Nah buat teman-teman yang ingin langsung melihat tradisi ini juga bisa kok. Apalagi kamu ini sedang berwisata ke pulau Nias.  Jika ingin menyaksikan tradisi Lompat Batu, teman-teman bisa datang ke Desa Bawomataluo. Cukup membayar dengan tarif Rp150 ribu untuk dua kali lompat, teman-teman bisa langsung melihat atraksi lompat batu ini dari pemuda suku nias. Biasanya atraksi ini akan dilakukan oleh 1 kelompok pemuda yang berjumlah 5 atau 6 orang.

Btw nih, Tradisi Lompat Batu telah disahkan  pemerintah Indonesia sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia. Wow, keren kan .....

Baca juga ya pantai yang indah, yang wajib untuk kamu eksplor Tureloto Beach Laweha, Destinasi Bahari Maladewa dan Laut Matinya Nias Utara

Banggakan Jadi Anak Indonesia..... :D. Punya budaya serta kekayaan alam yang begitu melimpah,semua itu bisa kamu nikmati di Indoensia. Jadi apa teman-teman masih mau nih liburan ke luar negeri ? ...... wkwkwkkw :D. Jangan pada baper ya ..... Happy Holiday.......






Tidak ada komentar:

Posting Komentar