Breaking

Sabtu, 08 Februari 2020

Destinasi Wisata Sigale-Gale Tomok


Destinasi Wisata Sigale-Gale Tomok

            Tomok merupakan salah satu dari beberapa desa kecil yang terletak di Kabupaten Samosir. Tomok memiliki sejuta objek wisata yang patut dikembangkan dan dikunjungi agar kelestariannya tidak punah.
Destinasi Wisata Sigale-Gale Tomok

            Salah satu objek wisata itu adalah Kampung Ambarita yang ada di pusat desa itu. Desa yang terkenal dengan cerita rakyat mengenai penguasa dan orang pertama yang datang ke Samosir yaitu Raja Sidabutar. Selain itu, ada juga legenda mengenai patung Sigale-gale yang masih menyimpan cerita mistis hingga saat ini.
Destinasi Wisata Sigale-Gale Tomok

            Sigale-gale terkenal dengan patung yang memiliki cerita, jika dahulunya patung ini dapat bergerak dengan bantuan “Datu” atau dukun.  Sigale-gale adalah boneka kayu dipercaya menjadi jelmaan dari Raja Manggale putra dari Raja Rahat. Raja Rahat sedih karena kehilangan anaknya ketika terjadi perang dan jasadnya tidak ditemukan, sehingga raja tersebut menjadi sakit.

Destinasi Wisata Sigale-Gale Tomok

            Para tetua yang ada di Kerajaan itiu pun berinisiatif untuk membuat pahatan kayu yang menyerupai Raja Manggale itu. Kemudian agar patung tersebut dapat bergerak, mereka pun memanggil roh dari Raja Manggale tersebut. Raja Rahat pun sembuh dari sakitnya. Hingga pada saat ini patung tersebut diberi nama Sigale-gale yang diambil dari nama Manggale.

Destinasi Wisata Sigale-Gale Tomok

            Selain adanya patung Sigale-gale, terdapat juga makam dari Raja Sidabutar yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional, ada juga rumah adat batak yang dibuat menjadi museum batak.
            Gimana list liburan kamu??? Apakah wisata kali ini masuk dalam list liburan mu ?


#iakntarutung
#pariwisata
#samosir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar