Ads Top

Surga Dari Sumba Tengah

jendeladunia16.com - Surga Dari Sumba Tengah

 Surga Dari Sumba Tengah
pic by : nihisumba

Sumba Tengah adalah tempat yang pantas anda kunjungi untuk menikmati wisata ataupun liburan. Banyak tempat wisata di Sumba tengah ini, salah satunya adalah pulau misterius dan liar yang berada di NusaTenggara Timur sebelah barat daya flores.

Di tempat ini bisa juga ditemukan pulau tengkorak dan juga makam megalitik. Terdapat hamparan rumput dan perbukitan batu kapur yang memberi nuansa tersendiri, dan sumba sendiri merupakan salah satu tujuan utama bagi para surfer dari seluruh dunia. Banyak tempat wisata yang eksotik berada di sumba ini salah satunya Air Biru Tak Berujung, yaitu Waikelo Sawah.

 Surga Dari Sumba Tengah
pic by : exploredolan.id

Air terjun ini dikelilingi oleh tanaman hijau yang tumbuh dibawah kaki bukit, beberapa gua megah disini bisa dilihat betapa indah dan eksotik nya sebuah gua yang di bingkai oleh panorama hutan hijau yang terdesain oleh arsitektur alam terbaik, akan tetapi jangan tertipu akan keindahan Waikelo ini karena debit air disini mencapai 1,000 liter air per detik sehingga tidak disarankan untuk mandi di tempat ini. Karena waikelo sawah merupakan bagian dari pembangkit tenaga listrik tenaga air yang dikelola oleh pemerintah sekitar tahun 1976,oleh sebab itu air ini mempunyai arus yang sangat deras. oleh sebab itu air terjun hanya untuk memanjakan mata dan tidak cocok digunakan untuk mandi.

 Surga Dari Sumba Tengah
pic by : sumbapedia

Akan tetapi keberadaan dari Waikelo Sawah ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar. Sumber air untuk mengairi persawahan juga sumber air untuk keseharian warga sekitar, walaupun begitu banyak wisatawan datang berkunjung ketempat ini terlebih lebih pada bulan februari, maret dan juga november setiap tahunnya, karena akan diadakan ritual tradisional tahunan seperti Pasola atau adu tombak sambil menunggang kuda.

 Surga Dari Sumba Tengah
pic by : nihisumba

Nah buat kamu yang ingin berkunjung ketempat ini bisa dengan kendaraan roda empat, yakni dari bandara tambolaka,ke pusat kota waikabubak jaraknya lebih kurang 12 km. Dari ibu kota tambolak menempuh jarak sekitar 40 menit, dan menuju desa tema tana.

Selain itu sumba juga memiliki danau malaikat, danau Laguna Weekuri. Danau ini terletak di Utara Kodi di wilayah barat sumba dan dibutuhkan kira-kira 2 jam perjalanan darat dari bandara Tambolaka. Dikatakan danau surga, karena danau ini  sungguh indah, dengan warna air yang kebiruan dan berubah menjadi warna keemasan.

 Surga Dari Sumba Tengah
 pic by : iynnhalianto

 Surga Dari Sumba Tengah
pic by : infiatravel

Jika matahari sudah terbenam sangat terlihat di sini Keajaiban Tuhan yang sangat tidak boleh dilewatkan. Danau ini dipisahkan oleh tebing dan mempunyai kolam pasang surut dengan dasar berpasir yang hanya mempunyai jarak sekitar 20 meter dari laut, dan airnya yang dingin dan sejuk sangat cocok untuk dinikmati dengan berendam.

Dengan matahari yang menyinari dan langsung menembus air sampai ke dasar danau akan membuat anda betah berlama lama di bawah sinaran matahari di danau ini. Nah jika datang ke sumba jangan lewatkan untuk datang mengunjungi danau ini.  memang masih sangat tersembunyi oleh karenanya masih sedikit wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini. Untuk menuju lokasi wisata ini, harus membutuhkan pemandu jalan yaitu warga setempat. Karena jalan ke lokasi ini tidak ada penanda menuju ke lokasi wisata....

Surga Dari Sumba Tengah  Surga Dari Sumba Tengah Reviewed by adenapriscillia on Januari 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.