Breaking

Minggu, 19 Januari 2020

Misteri Kota Waduk Jati Gede , Kota Mati Di Indonesia

jendeladunia16.com - Misteri Kota Waduk Jati Gede  , Kota Mati Di Indonesia

Misteri Kota Waduk Jati Gede , Kota Mati Di Indonesia

Ternyata Indonesia juga punya kota mati lho, mau pada tau kan ?. Salah satunya berada di kota bandung yakni Desa Cipaku, Kecamatan Darmaraja, Kabupate Sumedang. Tempat ini sangat miris memang, akibat kemarau panjang waduk jatigede yang dulunya di haliri air  yang kini mengering, dikarenakan musim kemarau.

Bendungan jati gede ini memiliki panjang sekitar 1.710 meter dan elevansi 262 meter. Pembangunan Jati gede ini akan menenggelamkan 28 desa di wilayah Sumedang dan juga akan mengaliri 90 ribu hektar lahan pertanian dengan pembangkit listrik yang mencapai 110 MW. Selain itu proyek Jati gede ini telah membuka jalan, mulai dari daerah Wado Kabupaten, Majalengka hingga ke daerah Damaraja, Kabupaten Sumedang. Namun sayangnya proyek ini merupakan proyek gagal dari hasil penelitian menyatakan bahwa DAS di kawasan jati gede ini terbentuk dari beberapa struktur geologi dan di indikasi bahwa wilayah jatigede ini akan rawan longsor dan juga erosi.

Misteri Kota Waduk Jati Gede , Kota Mati Di Indonesia

Isu semakin panas tentang rumor mengenai keberadaan di kawasan jati gede ini tatkala gempa yang berkekuatan 3,6 skala ritcher mengguncang kota penghasil tahu tersebut. Meski secara resmi telah dibuka, banyak hal-hal yang diluar nalar terjadi di waduk ini. Salah satu warga sekitar menceritakan cerita mistis yang ada di sekitar waduk ini salah satunya adalah

Misteri Kota Waduk Jati Gede , Kota Mati Di Indonesia


1. Ular Raksasa di Desa Waduk
Orang pintar penah datang kelokasi atau Paranormal, dan menurutnya ada ular raksasa yang berdiam di dasar waduk ini, dan ular itu juga mempunyai panjang sekitar 4 km yang membentang dari Kecamatan wado sampai dengan Kecamatan Darmaraja. terlepas benar atau tidaknya rumor tersebut, bahwa memang waduk ini diketahui telah menjadi rumah bagi banyak ular karena tak jarang warga sekitar menemukan ular berbagai jenis, baik yang beracun seperti kobra, bahkan sanca yang berukuran 5 meter.

2. Legenda Keuyeup Bodas
Dalam bahasa sunda Keuyeup Bodas yang berarti kepiting putih. Jauh sebelum adanya waduk jatigede ini, masyarakat sudah sering mendengar Keuyeup Bodas. Konon ceritanya bahwa waduk ini di huni juga oleh Keuyeup Bodas, dan suatu hari nanti Keuyeup Bodas ini akan menjebol waduk ini. Selain itu Keuyeup Bodas ini mempunyai arti sebagai sesar yang nantinya akan membuat waduk ini jebol, karena sesar ini sangatlah rawan. Jika sesar ini bergerak akan mengakibatkan rusaknya waduk hingga mengakibatkan jebol nya waduk.

3. Legenda ikan mas raksasa
Banyak yang bercerita jika memancing di waduk ini akan didatangi oleh ikan sebesar pintu dengan warna yang merah menyala. Akan tetapi saat ini waduk tersebut telah kering dan tidak lagi bisa menjadi andalan bagi para petani untuk mengaliri sawah-sawah mereka akibat kekeringan yang terjadi di waduk ini. Puing-puing yang dahulunya telah ditenggelamkan beserta kuburan yang telah dibenamkan muncul kembali ke permukaan dan terlihat jelas puing-puing rumah penduduk yang ditenggelamkan kembali terlihat jelas seperti benteng, kamar mandi, dapur,sumur, serta ubin dapat dilihat kembali. Sehingga banyak dari puing-puing bangunan itu menjadi latar swafoto bagi sebagian warga dan para wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi ini.

Selain itu ada beberapa yang datang hanya untuk berswafoto dengan alasan bahwa pemandangan nya yang real bukan dibuat-buat ataupun editan. Sehingga tempat ini ramai juga dikunjungi oleh wisatawan. Pemandangan di tempat ini menjelaskan kota mati yang ada di Sumedang ini. Tempat ini telah lama ditinggalkan oleh penduduk, sehingga tidak ada lagi yang tinggal di desa ini, tidak ada lagi yang bisa dipertahankan ditempat sekering ini, karena buat warga sendiri pun tidak lagi bisa digunakan sebagai lahan pertanian....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar