Breaking

Sabtu, 18 Januari 2020

Menikmati Kuliner Jajanan Pasar Sidoarjo | Wisata Kuliner Jawa Timur

jendeladunia16.com - Menikmati Kuliner Jajanan Pasar Sidoarjo | Wisata Kuliner Jawa Timur

Menikmati Kuliner Jajanan Pasar Sidoarjo | Wisata Kuliner Jawa Timur

Wisata kuliner dengan berbagai cita rasa yang ada di indonesia merupakan tantangan tersendiri bagi traveler umumnya, khususnya bagi para pencinta kuliner. Buat teman-teman penikmat kuliner, Ke kota sidoarjo tak lengkap rasanya jika kita tidak mencicipi kuliner khasnya yang sudah terkenal ke seantero indonesia.  Tidak di jawa timur saja, kali ini ade mencoba untuk memperkenalkan beberapa cita rasa yang khas dari sidoarjo, yang buat kita bakalan balik dan balik lagi buat menikmati makanan ini. Salah satunya adalah....Langsung aja yuk :D

Rawon.


Menikmati Kuliner Jajanan Pasar Sidoarjo | Wisata Kuliner Jawa Timur
pic by : duniakulinersurabaya

Seperti yang kita tau bahwa sidoarjo itu sudah terkenal dengan rawonnya, dan untuk menemukan makanan ini sangatlah gampang, karena disetiap sudut kota jawa timur ini akan ditemukan rawon dengan sajian cita rasa yang berbeda-beda.

Rawon sidoarjo ini berbeda dengan rawon luar siduarjo. Rawon yang ada di sidoarjo ini  disajikan dengan potongan daging yang ukurannya termasuk besar, serta rasanya yang juga empuk dan tidak lupa juga dicampur dengan sayuran toge dengan sedikit tambahan tempe serta telur asin yang menambah nikmat rasa rawon sidoarjo.

Bila datang ke kota ini pasti tidak klop rasanya kalau tidak mencoba rawon yang begitu nikmat. Biasanya para pedagang rawon dikota ini akan buka mulai dari jam 21:30 hingga pukul 03:00, cukup lama bukan. Biasanya satu porsi rawon akan bisa dinikmati dengan harga Rp. 15000 per porsi. Di kota ini biasanya pedagang rawon tidak hanya menjual rawon, akan tetapi disediakan juga bagi penggemar tahu, yaitu tahu campur. Dikatakan tahu campur karena dalam penyajiannya tahu ini banyak sekali campurannya , yakni kikil, tahu goreng serta tulang ayam muda,serta beberapa sayuran, seperti touge, perpaduan beberapa macam rempah bumbu membuat makanan yang sangat dikenal oleh warga sidoarjo ini menjadi lebih nikmat.  Makanan ini biasanya bisa ditemukan mulai pukul 6 sore dengan harga yang juga cukup terjangkau untuk menggoyang lidah cuma 15 ribu lho.


Lontong Kupang.


Menikmati Kuliner Jajanan Pasar Sidoarjo | Wisata Kuliner Jawa Timur
pic by : amazingindonesiafood 

Makanan khas pesisir sidoarjo merupakan makanan yang sangat fenomenal dikalangan masyarakat sidoarjo, dan juga sangat disukai oleh semua orang kalangan sidoarjo. Lontong kupang adalah sejenis tiram yang lebih kecil dari kerang ataupun tiram yang biasanya hidup di pesisir pantai yang berlumpur. Dalam satu porsi lontong kupang ini terdiri dari lontong dan kupang tentunya serta kremes, dan tidak lupa dengan sedikit kuah yang dicampur dengan petis, dan bawang putih goreng. Lontong kupang sangat digemari oleh warga sekitar sidoarjo, karena lontong ini mempunyai tekstur yang kenyal, ditambah lagi dengan kuah yang gurih serta rasa petis yang nikmat, yang membuat lidah bergoyang. Jika datang ko kota jawa timur, ade harap teman-teman untuk jangan lupa mencoba kuliner yang satu ini .


Sop Langgeng Buntut.


Menikmati Kuliner Jajanan Pasar Sidoarjo | Wisata Kuliner Jawa Timur
pic by : horizonhoman

Kali ini ade beralih mencoba kuliner sop, yup karena ade juga pencinta yang namanya sop atau Sup. Di kota jawa timur ini ada sop yang namanya sop langgeng. Sup buntut ini punya kuah yang bening, tidak seperti kuah sup buntut pada umumnya, Sup yang satu ini memiliki kuah nya yang segar dan dagingnya tidak berbau amis. Kalau masalah rasa ade gak bisa jelasin, soalnya enak tenan....ha..ha... :D , yang pentingnya lagi dagingnya sudah sangat empuk dan bumbu nya sudah sangat meresap ketulang, sehingga kita lupa kalau sedang makan daging. Di tempat ini ade juga berbagi kuliner yang tersedia, "tapi karena ade sangat suka dengan sop makanya ade mencoba kuliner yang satu ini.


Lontong Kikil Sapi.


Menikmati Kuliner Jajanan Pasar Sidoarjo | Wisata Kuliner Jawa Timur
pic by :  reinaldolauw

Makanan ini sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Di kota ini banyak warung kaki lima yang menyajikan kuliner yang satu ini. Selain sop kikil biasanya warung kaki lima yang berada di kota ini juga menyediakan sup sum-sum tulang, walaupun begitu banyak warung kaki lima yang menjajakan kuliner ini namun jarang sekali warung-warung ini sepi dari pelanggan.

Rujak Cingur.


Menikmati Kuliner Jajanan Pasar Sidoarjo | Wisata Kuliner Jawa Timur
pic by : arditptg

Kalau rujak cingur ini merupakan makanam khas surabaya, yang isinya terdiri dari sayuran yang direbus tempe dan juga tahu, serta beberapa potongan lontong, persisnya sih seperti lontong pecel, akan tetapi ada yang istimewa dari sajiannya yakni rebusan cingur ataupun moncong sapi yang kemudian di lumuri bumbu kacang  serta petis.

Nasi Pecel.


Menikmati Kuliner Jajanan Pasar Sidoarjo | Wisata Kuliner Jawa Timur
pic by cecekuliner

Sepertinya kalau sudah dibilang nasi pecel semua sudah tahu rasa dan juga bentuk dari makanan yang satu ini,dan tidak jauh berbeda dengan yang ada dikota kota lain. Kuliner nasi pecel ini sangat mudah dijumpai di kota sidoarjo. Namun setiap penyajian lontong pecel disetiap tempat tentu saja berbeda penyajiannya dan mempunyai rasa yang berbeda pula di sidorajo ini.

Pecelnya terdiri dari beberapa jenis sayuran yang sudah direbus dan kemudian dilemuri dengan bumbu kacang yang sudah disatukan dengan berbagai rempah yang diolah menjadi kuah, sehingga pecal ini terasa enak dan juga pedas, tidak lupa juga ditambahkan dengan peyek menambah keremesnya rasa nasi pecel ini.

Bagaimana pasti ngiler bukan ?. Yuk kita nikmati setiap sajian kuliner nusantara di tempat kita.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar