Breaking

Rabu, 04 Desember 2019

Eksplor Spot Menarik Di Wisata Coban Talun, Wisata baru yang berada di Malang

jendeladunia16.com - Eksplor Spot Menarik Di Wisata Coban Talun, Wisata baru yang berada di Malang

pic by : amelianaport

Kota yang dikenal dengan apel dan juga batu - batu yang indah ini mempunyai banyak tempat wisata yang dapat memanjakan mata,Malang jawa timur merupakan salah satu kawasan wisata yang diincar oleh para wisatawan, terutama wisatawan lokal.

Mulai dari kawasan wisata alam sampai dengan rekreasi keluarga yang cukup menarik. Salah satunya adalah Coban Talun.Coban talun sudah menjadi salah satu wisata alam yang cukup terkenal dikalangan para backpackers dan juga turis.

pic by : diansafitri

Di lokasi wisata ini terdapat air terjun dengan ketinggian lebih kurang 75 meter yang letaknya berada di 950 meter atas permukaan laut, dan juga mempunyai arus yang terbilang besar, apalagi air terjun ini merupakan hulu dari sungai berantas.

pic by : agathalastari

Seperti halnya wisata air terjun yang ada di Indonesia. Air terjun ini juga memiliki keindahan sendiri dengan suhu udara yang cukup dingin mencapai 18 - 23 derajat celcius, ditambah lagi letak coban talun ini yang miring landai dengan curah hujan mencapai 1.800 mm/thn.

Coban talun ini mempunyai pemandangan yang indah dan juga asri, dikarenakan tempat ini termasuk kedalam kelas hutan lindung yang terdiri dari pohon pinus dan juga rimba campur, walaupun begitu ada beberapa cerita mistis dan juga mitos yang mewarnai kawasan wisata ini, sehingga banyak para wisatawan dibuat penasaran dan datang berkunjung ke tempat lokasi wisata alam ini.

pic by : dewimpn

Salah satunya adalah mitos romantis yang sangat  terdengar dikalangan wisatawan,di lokasi ini ada sebuah jembatan yang menghubungkan area check point dengan kawasan wisata air terjun yang mempunyai lebar sekitar 1 meter dan panjangnya sekitar 14 meter yang terbuat dari bambu dan juga kayu.

Jembatan ini disebut dengan jembatan asmara. Menurut mitos yang berkembang jika pasangan kekasih yang datang ke tempat wisata ini, melewati jembatan asmara ini bersama-sama, maka hubungannya akan langgeng dan juga awet. Hal itu menjadi salah satu yang menarik buat para pasangan yang ingin mencoba sensasi menyebarangi jembatan asmara tersbut.

Namun menurut cerita jaman dulu, jembatan ini merupakan tempat bertemunya Jaya Nalendra yang merupakan pangeran dari Kerajaan kediri dengan dewi seruni.  Pangeran ini bertapa di dekat air tejun, pertapaan ini dilakukan sang pangeran kerana sedang mencari jodoh, setelah mendapat wangsit atau ilaham akhirnya pangeran tersebut berjalan kearah utara menuju sungai yang letaknya berada dekat dengan jembatan, di sinilah sang pangeran bertemu dengan dewi sruni dan saling jatuh cinta.

Coban talun ini berada di Daerah Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumi aji, Kota Batu,Jawa Timur. Untuk menuju ke tempat ini bisa dengan mengendarai roda dua maupun roda empat, dengan harga tiket masuk sebesar 10.000 per orang. Tapi ini hanya untuk tiket masuk saja, jika ingin menginap tau berkemah tentu saja ada biaya tersendiri untuk masuk ke area apache camp akan dikenakan biaya sebesar 5.000,- dan untuk penyewaan area camping ground disekitar hutan pinus dikenakan biaya yang berbeda pula.

pic by : yunikati

Kawasan wisata ini dibuka pada pukul 8 setiap harinya dan akan ditutup pada jam 4 sore. coban talun ini ada beberapa wisata edukasi, salah satunya adalah taman bunga yang menyajikan panorama yang menyejukkan mata yang sangat cocok untuk fhoto spot, dengan latar belakang bunga yang lengkap dengan pepohonan yang rindang di kebun bunga ini. Terdapat beberapa aneka jenis ragam bunga tidak heran kalau tempat ini sering dijadikan oleh beberapa pasangan menjadi lokasi prewedding dan juga lokasi shoting untuk beberapa majalah.

pic by :  faradila.ns

Lokasi wisata ini juga menyediakan sebuah penginapan apache camp edukasi, wisata ini mengajak para wisatawan menelusuri perkampungan dengan konsep suasana kampung indian suku. Di apache camp ini memiliki bentuk yang unik serta atribut-atribut juga topi ala suku apache. Teman-teman bisa juga menyewa untuk dipakai, sehingga wisatawan bisa merasakan sensasi menjadi salah satu dari suku apache walaupun hanya sebentar saja.

Setelah puas di apache camp, kali ini ade beranjak menuju rumah paguon yang juga terletak di coban talun ini, dalam bahasa jawa pagupon adalah sarang burung merpati. dilokasi ini wisatawan bisa menemukan rumah yang berbentuk sarang burung merpati.Setiap rumah pagupon ini memiliki satu kamar tidur dan juga satu kamar mandi.  dan memang di khususkan untuk penginapan.

Nah jadi tunggu apalagi nih ?, Yuk kita eksplor segala spot yang menarik di Destinasi Wisata Coban Talun ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar