Breaking

Rabu, 13 November 2019

Menelusuri Rumah Tjong A Fie | Museum Tjong A Fie

jendeladunia16.com - Menelusuri Rumah Tjong A Fie | Museum Tjong A Fie

Menelusuri Rumah Tjong A Fie | Museum Tjong A Fie
pic by : vivimelyan13

Medan merupakan salah satu kota besar yang berada di Indonesia. Kota yang dikenal dengan keberagaman suku yang telah membaur menjadi satu dan tinggal berdampingan. Keberagaman itu telah menjadikan masyarakat disini menjadi lebih dekat satu dengan yang lainnya,dengan masyarakat yang mempunyai kebudayaan dan adat yang berbeda beda akan tetapi tetap bersatu untuk membangun sumatera utara.

By the way di kota sebesar ini memiliki hal - hal yang unik, yang berada disekitar kita. Ditengah-tengah megahnya gedung-gedung pencakar langit. Sama halnya dengan yang akan Ade Ekspos.

Menelusuri Rumah Tjong A Fie | Museum Tjong A Fie
pic by : chrisdharmawan

Kali ini ade akan coba membuka sedikit cerita tentang keanehan yang berada di sebuah rumah berlantai dua yang berada di Jalan Ahmad Yani yang dibangun oleh Tjong a Fie sekitar tahun 1860 - 1921. 

Menelusuri Rumah Tjong A Fie | Museum Tjong A Fie
pic by : novitawiji

Konon ceritanya rumah ini merupakan milik dari Tjong a fie yang merupakan seorang pedagang yang berasal dari negeri tirai bambu yang pada jamannya berhasil membangun usaha di kota Medan. Tjong fie berhasil membuka usaha perkebunan dan mempunyai lebih dari 10.000 karyawan, sehingga tjong a fie ini terkenal keseluruh kota medan dan sangat dihormati oleh orang medan.

Bukan hanya masyarakat medan, akan tetapi Sultan deli yang pada masa itu memimpin kerajaan deli juga ikut menghormati beliau, meskipun tjong a fie merupakan konglomerat pada masanya. Akan tetapi beliau tidak sombong dan selalu membagi sebagian hartanya kepada masyarkat yang membutuhkan sehingga tjong a fie dikenal dengan seorang yang dermawan dan baik hati.

Selain menyumbangkan tempat ibadah seperti klenteng, Tjong a fie juga membangun Gereja dan Jembatan. Setelah meninggal tjong a fie telah meninggalkan harta dan rumahnya yang mewah dengan desain yang terbilang unik. Dan saat ini rumah tjong a fie ini telah dijadikan sebagai museum Tjong A Fie mension dan bisa dikunjungi oleh umum.

Menelusuri Rumah Tjong A Fie | Museum Tjong A Fie
pic by : lauranataliarn

Berkunjung ke museum ini akan memberi banyak pelajaran tentang Tjong a fie yang bijaksana dan dermawan. Semua ruangan dan juga isi dari ruangan ini masih tetap tertata rapi dan original. Sayangnya banyak kabar-kabar dari masyarakat sekitar bila malam hari rumah Tjong a fie ini menjadi salah satu rumah yang menurut orang orang disekitarnya menjadi rumah yang dihuni oleh makhluk makhluk tak kasat mata.

Menelusuri Rumah Tjong A Fie | Museum Tjong A Fie
pic by : novitawiji

Menelusuri Rumah Tjong A Fie | Museum Tjong A Fie
pic by : calvin_oky

Banyak penduduk yang tinggal disekitar rumah tjong a fie ini melihat penampakan- penampakan yang terkadang terlihat menyerupai seseorang yang memakai pakaian cina dan tinggal di rumah tersebut. Bukan itu saja, ketika melewati depan rumahnya pada malam hari saja bulu kuduk bisa berdiri.

Selain itu Tjong a fie ini adalah seorang majoor der chineezen di medan pada masa itu, dan Tjong a fie  jugalah yang telah memimpin pembangunan rel kereta api Medan belawan. Akan tetapi berkunjung kerumah ini ade juga bisa mengetahui bagaimana sejarah kehidupan keluarga tjong a fie  lewat fhoto - fhoto lukisan dan beberapa perabotan rumah yag digunakan oleh keluarga ini, serta mempelajari budaya melayu tionghoa, tapi siang hari ya guys he..he...he..

Jangan takut kalau disiang hari ya temna-teman,karna museum ini menjadi tempat wisata edukasi sejarah yang patut anda kunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar