Breaking

Jumat, 17 Mei 2019

Sejarah Guru Mangaloksa Yang Belum Kamu Ketahui, Raja Batak Dari Tapanuli

jendeladunia16.com - Sejarah Guru Mangaloksa Yang Belum Kamu Ketahui, Raja Batak Dari Tapanuli

Sejarah Guru Mangaloksa Yang Belum Kamu Ketahui, Raja Batak Dari Tapanuli


Sebelumnya, ade mungkin udah pernah menulis artikel tentang Guru Mangaloksa, Yang judul artikelnya itu "Sejarah Guru Mangaloksa" . Tapi, ada yang membuat ade kembali menulis tentang raja batak dari tapanuli ini .... Yang dimana mungkin asal-usul raja batak ini, masih banyak orang batak kurang tau.

Guru Mangaloksa merupakan keturunan dari  Si Raja Batak Sobu langit. Dari si rajah batak sobu ini lahir dua anak, yang Bernama Sitompul dan  Si Raja Hasibuan. Yang dimana Raja Hasibuan merupakan ayah Dari Guru Mangaloksa.

Sejarah Guru Mangaloksa Yang Belum Kamu Ketahui, Raja Batak Dari Tapanuli

Nah buat teman-teman yang suku batak, ade akan jelaskan beberapa sejarah kelam si Raja Guru Mangaloksa yang mungkin sampai sekarang belum kalian ketahui, Terkhususnya buat Siopat Pisoran, Hutabarat, Panggabean, Hutagalung, Hutatoruan...

Sejarah Guru Mangaloksa Yang Belum Kamu Ketahui, Raja Batak Dari Tapanuli

Sebetulnya jika kita lihat dari tarombo batak. Guru mangaloksa merupakan anak ke 2 dari Siraja Hasibuan. Nah jika kamu percaya atau mungkin kurang percaya. Ade akan jelaskan, Bahwa sebetulnya Si Raja Guru Mangaloksa merupakan satu-satunya, dan  anak pertama dari Siraja Hasibuan dari Boru Simatupang toga Tupang. Yang dimana inilah istri Siraja Hasibuan.

Nah jika kamu melihat di tarombo batak dari keturunan Siraja Hasibuan, bahwa anak pertama ialah Raja Manjalo. Nah itu salah. Raja Manjalo merupakan anak dari Siraja Hasibuan dari istri lain.

Itulah mungkin Guru Mangaloksa pergi dari Tobasa menuju ke Tapanuli Utara, Tarutung, tepatnya di Bukit Siatas Barita. Dan mungkin itu juga mengapa Guru Mangaloksa tidak membawa nama Hasibuan. Contohnya seperti ini "Guru Mangaloksa Hasibuan" ...

Dengan merantau menuju ke tanah batak Tapanuli Utara. Guru Mangalkosa pun menpunya istri yang cantik, yaitu boru pasaribu. Berkat dari sembara membunuh burung raksasa ber-ekor 7. Yang dimana burung elang besar itu suka membunuh manusia padamasa itu. Berkat akan kesaktian dan kehebatan Si Guru Mangaloksa pada saat itu, ia berhasil membunuh burung tersebut hanya dengan sumpit terbuat dari bambu.

Sejarah Guru Mangaloksa Yang Belum Kamu Ketahui, Raja Batak Dari Tapanuli

Seperti pembahasan judul kita diatas. Mungkin sejarah si Raja Guru Mangaloksa sebagian masih ada yang tidak kita ketahui. Nah dari pada panjang lebar, mari kita simak. Cerita ini berasal dari Guru Spritual Yang bernama Tuan Andi Raja Uti. Beliau ini megetahui semua sejarah asal muasal bangso batak, Terkhususnya Siraja Guru Mangaloksa.

Menurut Tuan Andi Raja Uti. Siraja Guru Mangaloksa pertama kali datang ke tarutung menginjak kan kaki di Bukit Rura Silindung. Yang dimana bukit ini memiliki kesakralan yang tinggi sejak jaman dulu,gunung ini di yakini sebagai tempat tinggal nya anak dari siraja batak yang bernama siandor andor bolon,yang merupakan raja batak sebelum membuka sianjur mula mula di sianjur dekat dolok bolon pusuk buhit.

Yang dimana mereka itu ialah Singa, yang bertempat tingal di daerah gunung bolon, Dolok Martimbang. Tempat Siraja Guru Mangaloksa. Menurut sejarahnya, Guru Mangaloksa merupakan raja yang baik, dan disegani pada saat itu. Yang dimana pada saat itu di daerah tanah tobasa, dan tapanuli juga memiliki kerjaan batak.

Sejarah Guru Mangaloksa Yang Belum Kamu Ketahui, Raja Batak Dari Tapanuli
pic by : indrayosefs

Dengan kesaktian yang hebat membuat terdengar di kerajaan batak lainnya. Banyak marga batak pada saat itu tidak berani menyerang masa kejayaanya, Seperti kerajaan Siraja Lontung, Kerajaan Sisingamagaraja, Kerajaan Siraja Borbor, Datuk Nabolon Raja. Dan menurut sandaranya. Kesaktian Siraja Guru Mangaloksa, membuat Siraja Uti( Si Raja Batak ), Pusuk Buhit segan melihatnya akan kesaktian ia miliki. Hal itu ia katakan, karna, sewaktu itu dia ( sandarannya) pernah langsung melihantnya melalui mata batin.

Kesaktian yang ia miliki, ternyata merupakan ada dari karunia Tuhan atau pada saat itu orang batak membilang Debata Mula Jadi Nabolon, Selain itu. Menurut Tuan Andi Raja Uti. Sebagian besar kesaktiannya itu berasal dari Batara Siwa ( Dewa Siwa ) Sejarah singkatnya. Setelah ia sampai di atas dolok Siatas Barita. Siraja Guru Mangaloksa beretmu dengan seorang manusia yang bernama Batara Siwa. Dan sebelum masuknya kepercayaan agama Krsiten Protestan pada saat itu. Ajaran menyembah patung dan mengasi korban adalah kepercayaan mereka, yang dimana kepercayaan pada saat itu disebut dengan Sindu.. Atau jika sekarang ialah Hindu.

Batara Siwa lah yang mengajarkan dan memberi kesaktian kepada Siraja Guru Mangaloksa. Yang dimana pada saat itu, menurut sandarannya melaui roh oppu Siraja Guru Mangaloksa, ia pernah dibawa ke Himalaya dan tempat tinggalnya itu di Banua Ginjang atau bahasa indonesia itu Di atas langit.

Sejarah Guru Mangaloksa Yang Belum Kamu Ketahui, Raja Batak Dari Tapanuli


Tapi dengan kesaktian ia miliki. Raja yang satu ini terkenal sebagai rendah hati, tidak sombong ataupun angkuh, memiliki sifat sukak menyendiri dan  tidak mau ikut campur dengan kerajaan batak yang berdiri pada saat itu.

Masih banyak sejarah siraja batak tapanuli ini. Tapi karna pada saat itu Tuan Andi Raja Uti punya satu kerjaan yang tidak bisa ia lewatkan, Sehingga ia tidak sempat memberi taukan semua sejarahnya, seperti sejarah petualangannya melawan kerajaan jawa, beberapa prasati atau senjata dari dewa siwa, dan masih banyak lagi sejarahnya yang belum kamu ketahui.

Nah apapun itu, jika ada yang salah dari artikel ade diatas. Ade mohon maaf. Semoga artikel ini bisa membantu....Jika ada yang ingin ditambahkan untuk artikel ada yang satu ini. Silahkan beri komen dengan kata yang sopan di kolom komentar. Ade siap, dan senang hati akan membalas komentar kalian.

Sejarah adalah suatu kisah masa lalu yang kemungkinan besar sulit diyakini dan dipercaya, bahwa sesuatu yang diceritakan itu benar adanya, namun alanhgkah baiknya kita sebagai generasi penerus sejarah meyakini dengan harapan dapat meluruskan suatu sejarah itu untuk sama - sama memahami demi kemajuan bersama, agar generasi yang akan datang sebagai generasi penerus dengan nilai positif 

7 komentar:

  1. Oppu Guru Mangaloksa adalah guru morsak (silat tiada tanding)yang memperkenalkan kepada Bangso Batak.
    Benarkah???

    BalasHapus
  2. Iya ...
    Informasi itu betul.. Ialah Raja Morsak pertama kali di bangsa batak

    BalasHapus
  3. Istri dari hutatoruan boru apa? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boru Banuara,nuaeng didok boru Batubara

      Hapus
    2. Boru Banuara,nuaeng didok boru Batubara

      Hapus