Ads Top

Wisata Kampung Warna-Warni Buton Sulawesi Tenggara

jendeladunia16.com - Wisata Kampung Warna-Warni Buton Sulawesi Tenggara

Wisata Kampung Warna-Warni Buton Sulawesi Tenggara

Halo teman-teman pecinta keindahan dan keunikan Nusantara, Ade  ucapkan selamat datang di Kampung warna - warni, tapi untuk yang satu ini  beda loh dengan kampung warna-warni yang ada di Jawa Tengah, kota Semarang. Nah untuk kampung warna -warni ini ada di Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara.

Kampung warna-warni sudah diresmikan sebagai destinasi kampung unik di kota Bau Bau. Berbeda dengan kampung warna-warni Semarang yang aneka dengan warna serta lukisan ala kota yang juga unik. Kampung warna-warni di Bau Bau ini menawarkan warna yang terinspirasi oleh warna kain buton sarung.

Wisata Kampung Warna-Warni Buton Sulawesi Tenggara
Pic by : ardi_nekva

Kampung warna-warni in terdapat di Kampung Sulaa. Di kampung ini kamu akan melihat keunikan ratusan rumah penduduk yang penuh dengan warna-warni dan bukan rumah biasa. Yang dimana teman-teman akan melihat rumah adat Tradisional Sulawesi Tengagara, yang bernama "Banua Tada". Sehingga mencipatakan paduan unsur budayaTradisional dengan unsur sentuan modren. Keren kan :).

Wisata Kampung Warna-Warni Buton Sulawesi Tenggara
Pic By : choi_amel

Wisata Kampung Warna-Warni Buton Sulawesi Tenggara
Pic By : adindriy

Buton terkenal dengan berbagai budaya dan tradisi, selain situs wisata dan adat istiadatnya Buton juga memiliki kerajinan khas peninggalan leluhur yang masih terpelihara hingga saat ini. Salah satunya kerajinan tenun, Sarung khas Buton di Kota Baubau yang di tenun dari benang-benang Istimewa.

Wisata Kampung Warna-Warni Buton Sulawesi Tenggara
Pic By : sittinovhiyantidai

Di Buton, tenun dipakai untuk identitas diri dan pelengkap ritual agama. Semua aktivitas pakai tenun, mulai dari lahir hingga berpulang. Karena pentingnya tenun, perempuan, sejak usia 10 tahun sudah diajari menenun.

Selain terkenal sebagai penghasil tambang aspal di Indonesia, tau kah teman-teman ternyata Buton juga memiliki kerajinan menenun tertua yang berpusat di desa Sulaa, Bau Bau.

Berkat Pemerintah yang peduli akan kelestarian budaya lokal di kampung ini serta memajukan kain tenun buton . Pemerintah setempat berinisiatif menjadikan kampung Sulaa ini sebagai destinasi wisata baru. Sehingga mejadilah Destinasi Wisata Kampung Warna-Warni.

Ada banyak hal yang seru jika temna-teman ataupun para wisatawan berkunjung ke kampung warna-warni Buton, desa Sulaa ini. Mulai dari aktvitas berfoto ria, hingga melihat dan belajar langsung cara membuat kain tenun tradisional khas Buton. Pasti Asyik kan ? ...

Wisata Kampung Warna-Warni Buton Sulawesi Tenggara

Sebelum teman-teman pulang dari kampun warna-warni ini, ada baiknya ni kalau kamu jangan lupa untuk membeli kain sarung buton ini sebagai oleh-oleh. Dengan harga cukup terjangkau kamu udah bisa membawa kain sarung ini dengan puas dan senang hati :D .

Ya, sampai sini dulu ya cerita wisata kampung warna-warni Buton, Sulawesi Tenggara. Semoga artikel Ade ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan objek wisata kamu di akhir pekan....

Wisata Kampung Warna-Warni Buton Sulawesi Tenggara Wisata Kampung Warna-Warni Buton Sulawesi Tenggara Reviewed by adenapriscillia on April 04, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.