Ads Top

Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah

jendeladunia16.com - Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah

 Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah

Tapanuli Tengah di sebut juga kota berbilang kaum yang maknanya bahwa di kota ini banyak beraneka ragam  dan suku akan tetapi tetap saling menjaga kerukunan. Selain terkenal akan kerukunan kota ini, Ternyata di daerah ini juga banyak tempat wisata yang tak asing bagi kita, yakni beberapa pantai dan pulau yang mungkin sudah dikenal banyak wisatawan manca negara. Nah untuk Kali ini ade akan memberi informasi destinasi wisata, terkhususnya air terjun yang berada di  jalan lintas Sibolga Tarutung. Kawasan air terjun ini terletak di desa Rampa Kecamatan Sitahuis Kabupaten Tapanuli Tengah.

Di sebut air terjun martolu karena air terjun ini mempunyai beberapa tingkatan air. Dan debit air terjun Martulolu mempunyai air besar, sehingga air yang besar inilah disebut dengan air terjun martolu.

 Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah

Air terjun ini salah satu destinasi yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Untuk menuju lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Sibolga dengan mengendarai motor maupun mobil, kondisi jalan menuju kelokasi ini sudah cukup baik karena sudah diaspal hotmix.

 Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah

Untuk menuju lokasi ini para wisatawan juga akan disugukan pemandangan indahnya jalur pantai Sibolga karena sebagian jalan memang berbatasan langsung dengan pantai, selain itu jalan yang anda lalui yang dikelilingi belahan bukit disisi kanan dan kiri, akan mebuat perjalanan ada semakin mengasyikkan. Hanya saja kamu harus lebih berhati - hati karena jika curah hujan deras sering terjadi longsor di daerah ini.

 Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah

Jika kita berangkat dari Sibolga maka air terjun ini berada di sisi kanan jalan dan jika wisatwan mengendarai motor maka bisa sampai ke lokasi air terjun ini tapi jika mengendarai mobil wisatawan akan menempuh kurang lebih 300 meter, setelah itu berjalan kaki untuk menuju lokasi ini. Tapi jangan kawatir karena trek menuju jalan ke lokasi telah ditata dengan baik, yang diamana jalan kelokasi ini telah dicor beton.

Untuk menuju tempat ini wisatawan juga akan merasakan suasana alam hutan tropis yang masih asri, sekaligus kamu juga akan melihat aliran sungai yang begitu jernih.

Karena letak air terjun ini berada di dataran tinggi, oleh sebab itu tidak semua jalan kelokasi ini datar oleh karena itu traveller harus prima karena akan ada tanjakan menuju lokasi air terjun ini. Setelah sampai ke lokasi air terjun. Kamu akan mengikuti anak tangga yang turun naik. Maka wisatawan akan sampai dan melihat keindahan air terjun martolu.

 Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah
 Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah

Air terjun ini seperti bertangga atau juga bertingkat, pada tingkatan pertama para wisatawan bisa melintasi air terjun walaupun harus berhati - hati agar tidak terpeleset. Di setiap air terjun wisatawan bisa mandi dan berendam karena ada penampungan yang bebentuk kolam di tempat ini, air terjun ini memiliki air sangat segar, dingin dan juga jernih, airnya sangat menyegarkan badan jika kamu langsung mencoba sensasi untuk berendam di kolam alami yang ada di air terjun ini.


 Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah
 Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah

Seperti halnya air terjun lain yang berada di perbukitan, tentu saja sangat sulit untuk menemukan fasilitas seperti musholla dan toilet. Wisata yang satu ini hanya ada warung kecil untuk sekedar memesan indomie atau teh dan cofee.

Untuk berwisata ke air terjun yang satu ini. Kamu semua tidak perlu mengeluarkan uang sepecerpun alias gratis. Hanya registrasi parkir untuk mobil 5000 dan motor 2000, walaupun masuk kelokasi ini tidak dikenakan biaya akan tetapi tempat ini belum ramai dikunjungi oleh wisatawan baik itu hari libur.

Air terjun martolu ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari mulai bergeliatnya kehidupan sosial ekonomi dijalur antara poriah, rampa, walaupun terdapat beberapa hal menarik lain disepanjang jalan alternatif ini. 

Nah buat traveller jangan tunggu apalagi ni, datang dan berkunjunglah ketempat ini dan nikmati pesona air terjun yang satu ini.

Dan mungkin ada beberapa kata yang bisa saya ucapkan untuk objek wisata ini atau objek wisata yang ada di seluruh Penjuru Nusantara kita ini, yaitu " Indonesia itu indah banget gusy,  Sekitar kita itu banyak tempat objek wisata yang pemandangan alamnya itu luar biasa. Nikmati, lindungi dan jaga kelestarian nya, agar anak cucu kita nanti bisa merasakan keindahan dan kekayaan alam yang luar biasa, yang ada di negara kita cintai ini. 
 
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan, dan panorama alam kita yang sungguh luar biasa, agar anak cucu kita bisa merasakan keindahan dan kekayaan alam kita yang begitu luar biasa di tanah Ibu Pertiwi kita ...
Salam Pariwisata...
Kekayaan Alamku...
Pesona Indonesia...
Pesona Nusantara...
Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah  Mengeksplor Sejuta Pesona Air Terjun Martolu Tapanuli Tengah Reviewed by adenapriscillia on Maret 24, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.