Ads Top

Mengenal Kebudayan Religi Umat Hindu Melaui Upacar Melasti

jendeladunia16.blogspot.co.id - Mengenal Kebudayan Religi Umat Hindu Melaui Upacara Melasti

Mengenal Kebudayan Religi Umat Hindu Melaui Upacar Melasti

jendeladunia16.blogspot.co.id - Alam semesta diciptakan Tuhan dengan milyaran hal menakjubkan didalamnya,keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat akan pesona alam yang begitu luar biasa.Termasuk di Negara yang kita Cintai ini, dimana Negara kita ini sudah begitu terkenal tentang kekayaan alamnya. Indonesia merupakan Negara yang begitu memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia.

Hai teman-teman pecinta keindahan panorama alam indonesia, kembali lagi dengan admin. Kali ini admin akan memberikan sedikit infomasi tentang  objek wisata  yang seru untuk anda kunjungi di indonesia. Okelah dari pada teman-teman yang sudah penasaran, langsung aja saya kasih tahu akan objek wisata yang satu ini.

kebudayaan masyarakat merupakan ciri khas yang di miliki oleh setiap masyarakat yang tinggal di setiap penjuru Nusantara. Kebudayaan ini sangat membuat kita begitu terkenal akan ciri khas kita yang berbeda di negara asing. Sehingga membuat negara kita ini semakin terkenal di seluruh dunia akan kebudayaan nya. Salah satunya ialah Upacara Melasti.

Mengenal Kebudayan Religi Umat Hindu Melaui Upacar Melasti

Upcara Melasti merupakan satu momen yang membahagiakan, yang dirayakan oleh umat Hindu. Upacara melasti ini sering diselenggarakan di pantai parangkusumo, kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Upacara melasti umat hindu dilaksanakan satu minggu sebelum perayaan harii raya nyepi. Yang bertujuan untuk mengucikan diri dari segala dosa dan perbuatan tidak baik. Dan uniknya, upacara melasti ini bukan di pulau dewata bali saja loh, namun juga berlaku di kota yogyakarta.

Prosesi dimulai dari arak-arakan berbagai sesaji khas jawa dan bali. Yang sebelumnya sudah di doa kan bersama di pura. Setalah itu di kumpulkan menjadi satu  dan di letakkan di pinggir pantai parangkusumo.

Nah teman-teman sebelum upacara melasti di mulai, kita yang berumat hindu semuanya itu membawa sejenis canang yang berisi buah-buahan, makanan, bunga, dan juga uang. Tujuan canang ini merupakan simbol yang dimana bagaimana sifat-sifat kita yang buruk dan jahat selama setahun ini akan berpindah ke canang ini. Nah setalah itu canang ini akan akam dilabuh atau dilarung ke laut.

Meskipun sinarnya teriknya matahari dan juga begitu panas mengurutkan para wisatawan dan warga sekitar untuk turut meramaikan dan menyaksikan upacara melasti.

Upacara melasti ini juga menampilkan satu tarian yang sakral dari umat hindu yang dilakukan di tengah hamparan pasir pantai. Salah satunya ialah tarian renjang renteng yang dimana tarian ini dibawakan oleh 75 perempuan dengan saling menggandengkan selendang tarinya.

Mengenal Kebudayan Religi Umat Hindu Melaui Upacar Melasti
Mengenal Kebudayan Religi Umat Hindu Melaui Upacar Melasti

Dan puncak upacara melasti ialah ritual labuhan. Yaitu menghanyutkan semua sesaji ke laut selatan. Dimanan ini merupakan simbol membuang segala dosa-dosa agar kembali suci. Nah teman-teman labuahn saji inilah merupakan momen yang paling di tunggu-tunggu oleh ratusan orang yang memenui kawasan pantai parangkusumo.

Mengenal Kebudayan Religi Umat Hindu Melaui Upacar Melasti
Mengenal Kebudayan Religi Umat Hindu Melaui Upacar Melasti

Bagaimana ni teman-teman, luar biasakan kebudayaan kita itu. hanya satu yang kita lakukan. Mari kita jaga,lestarikan dan mewariskannya kepada anak cucu kita. Agar anak cucu kita nantinya juga mengetahui kebudayaan yang dimiliki oleh negara kita ini. Agar pesona Indonesia ini semakin terkenal akan kekayaan keberagaman budayanya. 

Dan mungkin ada beberapa kata yang bisa saya ucapkan untuk objek wisata ini atau objek wisata yang ada di seluruh Penjuru Nusantara kita ini, yaitu " Indonesia itu indah banget gusy,  Sekitar kita itu banyak tempat objek wisata yang pemandangan alamnya itu luar biasa. Nikmati, lindungi dan jaga kelestarian nya, agar anak cucu kita nanti bisa merasakan keindahan dan kekayaan alam yang luar biasa, yang ada di negara kita cintai ini.  
  
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan, dan panorama alam kita yang sungguh luar biasa, agar anak cucu kita bisa merasakan keindahan dan kekayaan alam kita yang begitu luar biasa di tanah Ibu Pertiwi kita ...
Salam Pariwisata...
Kekayaan Alamku...
Pesona Indonesia...
Pesona Nusantara...
Mengenal Kebudayan Religi Umat Hindu Melaui Upacar Melasti Mengenal Kebudayan Religi Umat Hindu Melaui Upacar Melasti Reviewed by adenapriscillia on Juni 22, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.