Ads Top

Masjid Raya Al Mashun, Masjid Megah Dan Wisata Religi Kota Medan

jendeladunia16.blogspot.co.id - Masjid Raya Al Mashun, Masjid Megah Dan Wisata Religi Kota Medan

Masjid Raya Al Mashun, Masjid Megah Dan Wisata Religi Kota Medan

jendeladunia16.blogspot.co.id - Alam semesta diciptakan Tuhan dengan milyaran hal menakjubkan di dalamnya,keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat akan pesona alam yang begitu luar biasa.Termasuk di Negara yang kita Cintai ini, dimana Negara kita ini sudah begitu terkenal tentang kekayaan alamnya. Indonesia merupakan Negara yang begitu memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia.

Hai teman-teman pecinta keindahan panorama alam indonesia, kembali lagi dengan admin. Kali ini admin akan memberikan sedikit infomasi tentang  objek wisata  yang seru untuk anda kunjungi di indonesia. Okelah dari pada teman-teman yang sudah penasaran, langsung aja saya kasih tahu objek wisata yang unik dan cocok untuk anda kunjungi.

Masjid Raya Medan - Masjid Raya Medan tau Masjid Raya Al Mashun merupakan sebuah masjid yang terletak di Medan, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Pada awal pendiriannya, masjid ini menyatu dengan kompleks istana. Gaya arsitekturnya khas Timur Tengah, India dan Spanyol. Masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat. Masjid Raya Medan ini merupakan saksi sejarah kehebatan Suku Melayu sang pemilik dari Kesultanan Deli (Kota Medan).

Masjid Raya Al Mashun, Masjid Megah Dan Wisata Religi Kota Medan

Masjid yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara ini memiliki luas Luas Bangunan Masjid sekitar 5000 m2 dan dibangun di atas lahan seluas 18.000 m2. Masjid Raya ini telah berumur lebih dari 1 abad dan termasuk salah satu bangunan tertua di Kota Medan. Masjid ini sampai sekarang masih digunakan oleh umat Muslim untuk beribadah dan berdoa setiap harinya.

Masjid Raya Al Mashun, Masjid Megah Dan Wisata Religi Kota Medan


Hampir sebagian besar material di Masjid Raya medan ini masih asli. Di sisi timur bagian luar, kita akan menemui tempat wudhu dengan bangunan tua yang masih terawat. Di sisi barat terhampar makam para raja dan sultan Deli, termasuk sultan pertama pendiri masjid dan makam sultan deli yang terakhir

Masjid Raya Medan berupa persegi delapan dengan empat serambi paling utama dibagian depan, belakang serta samping kiri kanan. Ke empat serambi itu menjadi pintu masuk ke Masjid Raya Medan. Dibagian dalam, ada delapan pilar berdiameter 0, 60 m yang menyokong kubah paling utama di bagian tengah. Sedang empat kubah yang lain ada diatas ke empat serambi.

Sebagian dari bahan bangunan untuk mendekorasi masjid ini dibuat di negara Italia. Masjid Agung ini adalah masjid yang paling indah dan Masjid terbesar di Sumatera Utara. Masjid ini begitu megah serta mengagumkan dan dikagumi orang lantaran memiliki bentuk tidak sama dengan masjid biasanya.

Masjid Raya Al Mashun, Masjid Megah Dan Wisata Religi Kota Medan
Masjid Raya Al Mashun, Masjid Megah Dan Wisata Religi Kota Medan
Masjid Raya Al Mashun, Masjid Megah Dan Wisata Religi Kota Medan


Saat memasuki bagian dalam masjid, kita akan melihat indahnya ornamen dan desain masjid yang masih mempertahankan ciri khasnya. Apalagi, hampir sebagian besar ornamen dan sejumlah benda di sisi dalam masih asli sejak awal masjid ini diresmikan dan terbuka untuk umum sejak tahun 1909.

Mulai dari lampu gantung, mimbar imam, dan mimbar bilal, semuanya masih dipertahankan meski dengan perawatan ekstra. Selain itu, di dalam masjid kita juga akan menemui sebuah Alquran besar yang ditulis tangan. Kitab suci yang sudah usang.

Dismaping kemegahan masjid ini, ternyata dibalik itu semua ada suatu cerita akan sejarah pembagunan Masjid ini. Dulu Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam sebagai pemimpin Kesultanan Deli memulai pembangunan Masjid Raya Al Mashun pada tanggal 21 Agustus 1906 (1 Rajab 1324 H). Keseluruhan pembangunan rampung pada tanggal 10 September 1909 (25 Sya‘ban 1329 H) sekaligus digunakan yang ditandai dengan pelaksanaan sholat Jum’at pertama di masjid ini. Keseluruhan pembangunannya menghabiskan dana sebesar satu juta Gulden. Sultan memang sengaja membangun masjid kerajaan ini dengan megah, karena menurut prinsipnya hal itu lebih utama ketimbang kemegahan istananya sendiri, Istana Maimun. Pendanaan pembangunan masjid ini ditanggung sendiri oleh Sultan, namun konon Tjong A Fie, tokoh kota Medan dari etnis Tionghoa yang sezaman dengan Sultan Ma’mun Al Rasyid turut berkontribusi mendanai pembangunan masjid ini.

Dan mungkin ada beberapa kata yang bisa saya ucapkan untuk objek wisata ini atau seluruh destinasi wisata yang ada di Penjuru Nusantara kita ini, yaitu " Indonesia itu indah banget gusy,  Sekitar kita itu banyak tempat objek wisata yang pemandangan alamnya itu luar biasa. Nikmati, lindungi dan jaga kelestarian nya, agar anak cucu kita nanti bisa merasakan keindahan dan kekayaan alam yang luar biasa, yang ada di negara kita cintai ini.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan, dan panorama alam kita yang sungguh luar biasa, agar anak cucu kita bisa merasakan keindahan dan kekayaan alam kita yang begitu luar biasa di tanah Ibu Pertiwi kita ...
Salam Pariwisata...
Kekayaan Alamku...
Pesona Indonesia...
Pesona Nusantara...
Masjid Raya Al Mashun, Masjid Megah Dan Wisata Religi Kota Medan Masjid Raya Al Mashun, Masjid Megah Dan Wisata Religi Kota Medan Reviewed by adenapriscillia on April 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.