Ads Top

Bukit Batara Sipan, Bukit Yang Kaya Akan Alam Dan Bukit Yang Fenomenal Di Sumatera Utara

jendeladunia16.blogspot.co.id - Bukit Batara Sipan, Bukit Yang Kaya Akan Alam Dan Bukit Yang Fenomenal Di Sumatera Utara

Bukit Batara Sipan, Bukit Yang Kaya Akan Alam Dan Bukit Yang Fenomenal Di Sumatera Utara

jendeladunia16.blogspot.co.id - Alam semesta diciptakan Tuhan dengan milyaran hal menakjubkan didalamnya,keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat akan pesona alam yang begitu luar biasa.Termasuk di Negara yang kita Cintai ini, dimana Negara kita ini sudah begitu terkenal tentang kekayaan alamnya. Indonesia merupakan Negara yang begitu memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Kota Sibolga Tapteng. Kota ini memang sungguh terkenal akan panorama dan keindahan alamnya. Tapi dibalik keindahannya itu tersimpan sedikit cerita misteri akan adanya obyek wisata tersebut. Salah satunya adalah Pulau Situngkus, dimana pulau ini sudah terkenal di belahan dunia, tapi dibalik keindahannya itu tersimpan sebuah cerita mistis yang mukin membuat kalian heran pada saat mendegarnya.

Cerita  rakyat  merupakan  karya  sastra  yang  dimiliki oleh  masing-masing  suku  bangsa.  Tidak  dapat  dimungkiri kehadirannya di tengah masyarakat memberi banyak manfaat. Selain menghibur, cerita rakyat juga hadir memberi pesan  dan  contoh  positif dalam  hubungan sosial  masyarakat pemilik dan penikmatnya.  Sastra  mengajarkan  banyak hal, ilmu pengetahuan, agama,  budi pekerti,sejarah, persahabatan,  adat  kebiasaan,  dan  lain-lain.  Melalui  sastra,kita dapat mengenal  suatu kelompok masyarakat.Dalam  upaya  memperkenalkan  budaya  ini,  salah  satu hal yang dilakukan adalah cerita   rakyat Tapanuli  Tengah ke  dalam  bahasa  Indonesia.  Hal  ini  juga  bertujuan  agar  pesan  moral  dan  adat kebiasaan  masyarakat  pemilik  cerita  dapat  dipahamioleh masyarakat,  baik di Indonesia maupun  di dunia.

Apakah anda pernah mendengar nama Bukit Batara Sipan ? . Kita ketahui arti kata Batara ialah 'Kewibawaan Dewa'.Bukit ini merupakan bukit batuan kapur yang terletak di Sipan Sarudik, Kabupaten Tapanuli tengah. Disamping memiliki panorama alam bukit yang sangat luar biasa. Ternyata Bukit ini dikenal dengan Bukit angker di sibolga. Dikarenakan ada sebuah cerita masyarakat yang mungkin sulit untuk dipahami, sehingga banyak wisatwan yang takut untuk melihat lebih jelas keindahan Bukit Batara Sipan Sihaporas ini.

Bukit Batara Sipan, Bukit Yang Kaya Akan Alam Dan Bukit Yang Fenomenal Di Sumatera Utara

Alkisah, menurut legenda Bukit Batara, di antara daratan dan lautan di Teluk Tapanuli  dan Pulau Situngkus terdapat sebuah kerajaan. Sang raja dikaruniai seorang anak laki-laki.  Jumlah  rakyatnya  sangatlah  sedikit,  dikarenakan sulitnya  membangun  sebuah  keluarga  sehingga  sebagian rakyatnya memilih merantau untuk menemukan calon istri.

Di  seberang  Pulau  Situngkus, di daratan  Sumatera,terdapat sebuah  kerajaan  yang bernama  Kerajaan Batara. Kerajaan  ini  didiami  banyak  penduduk.  Para  penduduknya
berperawakan cantik.  Karena  usia  pangeran  sudah  cukup matang untuk menikah,maka dia diperintahkan untuk berkelana mencari calon istri.

Bukit Batara Sipan, Bukit Yang Kaya Akan Alam Dan Bukit Yang Fenomenal Di Sumatera Utara

Pangeran menyeberangi lautan dengan sebuah perahu dan berhenti di sebuah pulau di  dataran  Sumatera.  Di sana terdapat sebuah pancuran tempat orang mandi dan mencuci 86 pakaian. Tampaklah para gadis cantik jelita sedang mencuci, yang membuat pangeran jatuh hati pada seorang gadis yang sedang  mandi. Dia gadis yang paling cantik dari semuanya. Ternyata, gadis tersebut adalah salah seorang putri raja dari Kerajaan Batara.

Sang pangeran mengintai sang putri dari pancuran. Begitu  pangeran  tahu  bahwa  sang putri adalah putri raja juga, senanglah dia. Ternyata dia keturunan kerajaan juga, saya pangeran dan  dia  seorang  putri.  Kalau  begitu, akan kusampaikan kepada Baginda Raja, supaya mengutus orang untuk
melamarnya,”kata  pangeran  dalam  hati.  Lalu  pulanglah pangeran, kembali ke Pulau  Situngkus.  Disampaikannyalah, bahwa ada seorang gadis yang memikat hatinya di daerah Sibuluan, tepatnya di bukit   Batara. Mendengar hal itu, senanglah hati orang tuanya.

Baiklah Ananda, mari kita lamar!” kata  raja  dengan bijaksana. Diutuslah seseorang, untuk menyampaikan maksud baik dari sang pangeran.  Hal  ini membuat Raja Batara terkejut, menerima surat lamaran dari utusan Raja Situngkus.“Baiklah kalau begitu, kami menghargai maksud kedatangan saudara yang diutus oleh sahabat saya Raja Situngkus. Sebelumnya, kami harus mengetahuinya terlebih dahulu, cocok atau tidakkah anak muda itu dengan putri kami yang cantik jelita,” kata Raja Batara.

Ternyata, sang putri tidak menyukainya.Maka dicarilah alasan untuk menolak lamaran itu  dengan segala cara, salah satu caranya adalah dengan mengharuskan Raja Situngkus  membawa mahar. Mahar yang diminta adalah menyatukan Pulau Sumatera dengan Batu  Situngkus serta mengembangkan daerah-daerah hutan yang gersang. 

Saat itu,orang Situngkus belum memilki pengetahuan seperti itu. Alhasil,marahlah  rakyat Situngkus.  Mereka  beranggapan bahwa hal tidak masuk akal, karena tidak mungkin lautan
bersatu dengan daratan. Jika memang sang putri tidak mau, jangan mencari alasan yang tidak masuk akal.

Karena hal itu, terjadilah perang dan ternyata persenjataan Situngkus lebih maju.  Mereka sudah  memiliki meriam dan macam-macam peralatan lain yang dijadikan alat untuk berperang. Hal itu mengakibatkan Kerajaan Batara mengalami  kehancuran.  Runtuhlah istana Kerajaan Batara yang ada di bukit.   

Itulah kisah  kehancuran  kerajaan Batara.Hal ini membuat orang-orang tidak berani ke sana sampai saat ini.Karena katanya, ada sekelompok  makhluk halus yang menghuni tempat itu sampai sekarang.

Dan menurut warga setempat, adanya laci dan tampi-tampi daun membuktikan bahwa
lagenda itu memang ada. Konon katanya ada beberapa versi mengenai bukit ini. Yang pertama tempat ini sangat begitu sakral.Dikarenakan dulunya Raja Sisingamaraja I Pernah bermukim di bukit ini dan sering bersemedi di Bukit Batara Sipan.

Bukit Batara Sipan, Bukit Yang Kaya Akan Alam Dan Bukit Yang Fenomenal Di Sumatera Utara

Dan versi lainnya, dulu Leluhur dari marga Hutagalaung yang bernama "Raja Bandak Nasakti" yang berasal dari tarutung, Rura silindung merantau ke bukit batara ini. Dimana Dibelakang Bukit Batara ini ternyata langsung kita temukan desa yang tak jauh lagi dari Kota Tarutung. Dan menurut masyarakat sekitar Bahwa si Raja Hutagalung dari keturunan Matasapiak ini lah, orang yang pertama kali menginjak kan kaki di bukit batara ini. Terbukti dimana disekiar bukit ini ada sebuah tambak atau kuburan nya dan masyarakat sekitar yang bemarga Huatagalung. Dan masih banyak lagi akan bukti keberdaannya yang mungkin susah untuk dijelaskan.

Bukit Batara Sipan, Bukit Yang Kaya Akan Alam Dan Bukit Yang Fenomenal Di Sumatera Utara

Apakah anda percaya ?, apapun itu, kita tidak perlu terbawa harus akan adanya ilmu mistis, tapi kita hanya cukup mengetahuinya dan menceritakan ini kepada anak cucu kita nanti, agar mereka nantinya juga mengetahui, bahwa indonesia merupakan negara yang terkenal akan kekayaan alamnya tapi juga terkenal akan kebudayaannya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan, dan panorama alam kita yang sungguh luar biasa, agar anak cucu kita bisa merasakan kehindahan dan kekayaan alam kita yang begitu luar biasa di tanah Ibu Pertiwi kita ...
Salam Pariwisata...
Kekayaan Alamku...
Pesona Indonesia...
Penosa Nusantara...
Bukit Batara Sipan, Bukit Yang Kaya Akan Alam Dan Bukit Yang Fenomenal Di Sumatera Utara Bukit Batara Sipan, Bukit Yang Kaya Akan Alam Dan Bukit Yang Fenomenal Di Sumatera Utara Reviewed by adenapriscillia on April 02, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.