Ads Top

Batu Batikam, Objek Wisata Cagar Budaya Masyarakat Minangkabau

jendeladunia16.blogspot.co.id - Batu Batikam, Objek Wisata Cagar Budaya Masyarakat Minangkabau

Batu Batikam, Objek Wisata Cagar Budaya Masyarakat Minangkabau

jendeladunia16.blogspot.co.id - Alam semesta diciptakan Tuhan dengan milyaran hal menakjubkan didalamnya,keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat akan pesona alam yang begitu luar biasa.Termasuk di Negara yang kita Cintai ini, dimana Negara kita ini sudah begitu terkenal tentang kekayaan alamnya. Indonesia merupakan Negara yang begitu memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia.

Sumatera Barat juga memiliki sejumlah potensi wisata alam yang patut untuk dikunjungi. salah satunya ialah Objek wisata Batu Batikam. Batu Batikam adalah salah satu benda cagar budaya bersejarah di Jorong Dusun Tuo, Nagari Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.Batu Batikam sendiri merupakan sebuah batu yang berlubang pada bagian tengahnya akibat ditikam oleh keris Datuk Perpatih Nan Sabatang. Ceritanya berawal dari pertikaian yang terjadi antara dua orang pucuk pimpinan adat Minangkabau yaitu Datuk Parpatiah Nan Sabatang dengan Datuk Katumanggungan. Karena tidak tahan menahan emosi maka Datuk Parpatiah Nan Sabatang menghunus kerisnya lalu menikamkannya ke sebuah batu yang kemudian di kenal dengan Batu Batikam. Batu Batikam ini terdapat langsung di tepi jalan besar dengan posisi lebih tinggi dari jalan, sehingga sangat mudah diakses.

Batu Batikam, Objek Wisata Cagar Budaya Masyarakat Minangkabau

Penampakan Situs Batu Batikam Batungsangkar Tanah Datar terlihat di latar dengan dengan latar belakang pohon beringin besar kedua yang ada di situs ini. Saking tuanya, batang utama pohon beringinnya sendiri sudah sangat lapuk, namun akar-akar gantungnya yang menghunjam ke tanah sudah membesar dan menjadi batang pohon sendiri.

Batu Batikam, Objek Wisata Cagar Budaya Masyarakat Minangkabau

Hal yang menarik dari objek wisata ini adalah, disekitar area Batu Batikam terdapat sejumlah pohon beringin yang sangat besar dan rimbun. Adanya pohon beringin itu membuat suasana di sekitar area Situs Batu Batikam serasa sangat angker.

Dibalik keunikan objek wisata cagar budaya ini, ternyata objek wisata ini juga memiliki asal-usul ataupun sejarah masyrakat minang kabau. Datuak Parpatiah Nan Sabatang dan Datuak Katumanggungan adalah dua orang saudara yang berlainan Bapak. Datuak Parpatiah Nan Sabatang adalah seorang sosok yang dilahirkan dari seorang Bapak yang memiliki darah aristokrat (cerdik pandai), sementara Datuak Katumanggungan adalah sosok yang dilahirkan dari seorang Bapak yang otokrat (raja-berpunya). Tetapi kedua diantara mereka lahir dari seorang rahim Ibu, dimana seorang wanita biasa seperti lainnya.

Datuak Parpatiah menginginkan masyarakat diatur dalam semangat yang demokratis, atau dalam tatanannya, “Duduk sama rendah, berdiri sama tinggi”. Namun Datuak Katumanggungan menginginkan rakyat diatur dalam tatanan yang hirarkhi “berjenjang sama naik, bertangga sama turun”. Dan karena perbedaan tersebut mereka berdua bertengkar hebat.

Untuk menghindari pertikaian dan tidak saling melukai, Datuak Parpatiah dan Datuak Katumanggungan kemudian menikam batu tersebut dengan keris sebagai pelampiasan emosinya. Maka dari itu Batu Batikam memiliki sebuah lubang yang menembus dari arah sisi depan dan belakang.

Dan mungkin ada beberapa kata yang bisa saya ucapkan untuk objek wisata ini atau destinasi wisata yang ada di seluruh Penjuru Nusantara kita ini, yaitu " Indonesia itu indah banget gusy,  Sekitar kita itu banyak tempat objek wisata yang pemandangan alamnya itu luar biasa. Nikmati, lindungi dan jaga kelestariannya, agar anak cucu kita nanti bisa merasakan keindahan dan kekayaan alam yang luar biasa, yang ada di negara kita cintai ini.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan, dan panorama alam kita yang sungguh luar biasa, agar anak cucu kita bisa merasakan kehindahan dan kekayaan alam kita yang begitu luar biasa di tanah Ibu Pertiwi kita ...
Salam Pariwisata...
Kekayaan Alamku...
Pesona Indonesia...
Penosa Nusantara...
Batu Batikam, Objek Wisata Cagar Budaya Masyarakat Minangkabau Batu Batikam, Objek Wisata Cagar Budaya Masyarakat Minangkabau Reviewed by adenapriscillia on April 22, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.