Ads Top

Objek Sejuta Wisata Alam Air Terjun Ponot Sigura-Gura

jendeladunia16.blogspot.co.id - Objek Sejuta Wisata Alam Air Terjun Ponot Sigura-Gura


jendeladunia16.blogspot.co.id - Alam semesta diciptakan Tuhan dengan milyaran hal menakjubkan didalamnya,keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat akan pesona alam yang begitu luar biasa.Termasuk di Negara yang kita Cintai ini, dimana Negara kita ini sudah begitu terkenal tentang kekayaan alamnya. Indonesia merupakan Negara yang begitu memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia.

Air Terjun Ponot adalah sebuah air terjun yang berada di Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Air Terjun Ponot memiliki ketinggian hingga 100 meter dan memiliki tiga undakan air terjun. Air Terjun Ponot berada di aliran Sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan air laut.


Keindahan Air terjun Ponot terletak pada debit airnya yang sangat deras. Di bawah curahan air terjun banyak terdapat batu-batuan alam yang berukuran sangat besar sehingga menjadi daya tarik tersendiri sebagai pelengkap keindahan Air terjun Ponot.


Di tempat pemandian Air Terjunan Ponot bisa menjadi salah satu alternatif Anda untuk mengisi akhir pekan. Objek wisata yang satu ini menawarkan beberapa pemandangan yang masih sangat asri. Hutan rimba yang masih hijau dan air mengalir terus dari ketinggian mencapai 250 meter melewati celah-celah bebatuan besar dan menciptakan kesejukan terseniri di bawah permukaan air.

Selain air terjun utama, di sebelah Air Terjun Ponot ini juga terdapat beberapa air tejun kecil yang mengalir dari sela-sela bebatuan dan ada juga yang mengalir melalui tebing yang tidak begitu curam. Air terjun kecil ini memang sering luput dari pandangan wisatawan yang terpukau akan keindahan Air Terjun Ponot. Tetapi dengan adanya air terjun kecil ini menambah keindahan alam Air Terjun Ponot. Saat memasuki lokasi Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 dan sudah termasuk biaya parkir.

Untuk mencapai puncak jatuhnya air terjun, Anda harus berjalan kaki melewati terjal bebatuan alam kasar. Perlu berhati-hati karena ruas jalan yang tidak terlalu lebar dapat membuat Anda tergelincir bila sedang ramai. Jangan khawatir, si sisi kanan akan terdapat bebatuan besar untuk menjadi pegangan. Anda dapat mengunjungi tempat ini diakhir pekan maupun hari libur panjang sebab akan lebih menyenangkan jika tempat ini sedang ramai.

Air terjun ini sangat dikenal oleh orang banyak, setiap hari libur tempat ini pasti ramai didatangi oleh para wisatawan baik Domestic maupun Mancanegara.

Keindahan Air terjun Ponot terletak pada debet airnya yang sangat deras dan juga susunan air terjunnya yang merupakan air terjun 3 tingkat. Di bawah curahan air terjun banyak terdapat batu-batuan alam yang berukuran sangat besar sehingga menjadi daya tarik tersendiri sebagai pelengkap keindahan Air terjun Ponot.

Selain menjadi objek wisata, air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai pusat pembangkit listrik Kabupaten Asahan.


Bagaimana, apakah anda ingin berkunjung ke objek wisata yang satu ini ?. Jika anda ingin berkunjung ke objek wisata yang satu ini, anda bisa datang ke Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Kira-kira butuh waktu sekitar 6 jam dari Kota Medan ke Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan, dan panorama alam kita yang sungguh luar biasa, agar anak cucu kita bisa merasakan kehindahan dan kekayaan alam kita yang begitu luar biasa di tanah Ibu Pertiwi kita ...
Salam Pariwisata...
Kekayaan Alamku...
Pesona Indonesia...
Penosa Nusantara...
Objek Sejuta Wisata Alam Air Terjun Ponot Sigura-Gura Objek Sejuta Wisata Alam Air Terjun Ponot Sigura-Gura Reviewed by adenapriscillia on Maret 29, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.