Ads Top

Berwisata Ke Air Terjun Sampuran Silaklak Tapanuli Tengah

jendeladunia16.blogspot.co.id - Berwisata Ke Air Terjun Sampuran Silaklak Tapanuli Tengah

Berwisata Ke Air Terjun Sampuran Silaklak Tapanuli Tengah

jendeladunia16.blogspot.co.id - Alam semesta diciptakan Tuhan dengan milyaran hal menakjubkan didalamnya,keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat akan pesona alam yang begitu luar biasa.Termasuk di Negara yang kita Cintai ini, dimana Negara kita ini sudah begitu terkenal tentang kekayaan alamnya. Indonesia merupakan Negara yang begitu memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia. Salah satunya ialah kota sibolga. Kita ketahui banyak tempat objek wisata kota sibolga yang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia dan bahkan dunia. Tapi, tahukah anda, ada satu tempat objek wisata yang tematnya itu belum terjamah oleh manusia dan jarang orang mengetahuinya. Dan masyarakat sekitar menyebut nama objek wisata yang sati ini dengan nama Objek Wisata Pemandian Alam Air Terjun Sampuran Silaklak.

Satu tempat yang layak dikunjungi jika berada di Tapanuli Tengah, Air Terjun Silaklak.
Tempatnya tidak se-spektakuler air terjun besar di Indonesia, namun Air Terjun Silaklak tetap punya pesona sendiri.

Air terjun ini tepatnya berada di Lingkungan Gonting, Desa Gonting- Unte Mungkur III, Kecamatan Kolang, berjarak sekitar 60 menit perjalanan kendaraan dari Pandan, pusat Kabupaten yang berada di pesisir barat Sumut ini.

Berwisata Ke Air Terjun Sampuran Silaklak Tapanuli Tengah

Air terjun berketinggian lebih dari 100 meter dan bertingkat 7 ini, memang menjadi panorama tersendiri bagi para pengendara jika tengah melintas di jalur Sibolga-Barus. Di kejauhan, garis-garis air terjun yang putih di tengah tebing terlihat kontras di antara landscape hutan yang masih hijau.

Tak ada kendaraan yang bisa tiba langsung di bibir air terjun ini. Pengunjung harus memarkirkan terlebih dahulu kendaraannya areal parkir yang berada di pintu rimba. Menuju objek wisata ini, perjalanan dengan menyusuri jalan setapak mendaki.

Berwisata Ke Air Terjun Sampuran Silaklak Tapanuli Tengah

Tiba air terjun, gemuruh air yang menyatu dengan aroma sejuk hutan akan mengobati rasa capek. Disarankan melepas sepatu atau sendal yang dikenakan, pasalnya sebelum tiba di bibir kolam di bawah air terjun, bebatuan besar menjadi tantangan terakhir. Tetaplah berhati-hati dalam melangkah.

Air terjun Silaklak ini mempunyai debit air yang cukup deras, debit airnya trsebut berasal dari aliran air sungai yang terdapat di atasnya. Bewarna sangat jernih dan rasa airya itu berasa tawar.Air Terjun Silaklak ini juga sangat dingin dan sangat sejuk, karena alira air sungai yang diatasnya itu berasal dari air perbukitan yang letaknya tepat di dataran tinggi yang beriklim sejuk.

Berwisata Ke Air Terjun Sampuran Silaklak Tapanuli Tengah

Apalagi ketika musim hujan, aliran air terjun Silaklak ini akan semakin deras debit airnya. Debit airnya mencapai beberapa kali lipat dari musim kemarau. Sehingga pada musim hujan adalah saat yang tepat untuk mengunjung objek wisata air terjun Silaklak ini. Air terjun silaklak ini turun dari bebatuan yang tidak terlalu tinggi, namun uniknya bebatuan ini yang menjadi lintasan air terjun, yang warna bebatuan itu bewarna coklat kehitaman.

Berwisata Ke Air Terjun Sampuran Silaklak Tapanuli Tengah

Objek wisata Air terjun Silaklak ini biasanya begitu ramai dikunjugi oleh wisatawan ketika hari libur, bahkan wisatawan yang datang pun bukan hanya wisatawan lokal, sebab terkadang terlihat juga beberapa wisatawan yang datang dari luar kota Sibolga, seperti Kota Medan,Pematang Siantar, Balige, Tarutung, dan Sidimpuan.

Bagi anda yang menggemari kegiatan Fotografi, selain objek wisata Bahari kota sibolga. Objek wisata alam yang satu ini sangat cocok untuk anda datangi. Karena Air terjun Silaklak ini terlihat begitu unik dan bentuknya itu berbeda dari air terjun yang lainya, tepat di Kota Sibolga,Tapanul Tengah.

Berwisata Ke Air Terjun Sampuran Silaklak Tapanuli Tengah

Selain keunikan dsn keindahannya, ternyata ada sebuah cerita mistis tentang wisata Air terjun Silaklak ini.Dikisahkan oleh penduduk sekitar, bongkahan emas yang dimiliki air terjun keramat di Medan ini tersimpan dibalik aliran airnya. Tidak tanggung-tanggung, ukurannya dikatakan sebesar kepala kerbau.

Kabar mengenai keberadaan bongkahan emas sebesar kepala kerbau di balik aliran air terjun keramat ini pun menarik bangsa Belanda. Mereka yang kala itu menjajah Indonesia berniat membendung aliran air terjun untuk mempermudah pencarian bongkahan emas. Namun upayanya senantiasa mengalami kegagalan. Penduduk sekitar yakin bahwa kegagalan itu disebabkan oleh ulah penunggu air terjun Silaklak.

Adapun mengenai penunggu air terjun Silaklak yang diceritakan warga sekitar berlokasi di sebuah pohon besar. Pohon angker itu berada di dekat jatuhan air terjun Silaklak. Namun pohon tersebut sudah ditebang dan kini digantikan dengan ladang warga.

Terkait penebangan pohon angker yang diyakini sebagai tempat tinggal penunggu air terjun Silaklak, mitos akan larangan baju berwarna merah atau putih saat berkunjung pun sepertinya ikut terpatahkan. Pada jaman dulu dikatakan bahwa setiap orang yang berkunjung ke air terjun keramat di Medan itu dengan mengenakan baju warna merah atau putih akan menjadi sakit ketika mereka pulang.

Meski mitos tersebut telah terpatahkan, ada sebuah fenomena mistis menarik yang terjadi saat penebangan pohon dilakukan. Pohon angker air terjun Silaklak itu seakan lenyap ditelan bumi tanpa meninggalkan bekas sedikit pun. Tidak terlihat adanya sisa akar pohon di tanah bekas pohon itu pernah tumbuh.

Jika anda ingin berkunjung dan menikmati pesona Air Terjun Silaklak ini, anda bisa datang ke JL.Sibolga-Barus No.19. Unte Mungkur III. Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah. Sumatera Utara. Biasanya jika anda menaiki transporasi dari sibolga, hanya memakan waktu sekitar 2 jam dari sibolga ke Barus.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan, dan panorama alam kita yang sungguh luar biasa, agar anak cucu kita bisa merasakan kehindahan dan kekayaan alam kita yang begitu luar biasa di tanah Ibu Pertiwi kita ...
Salam Pariwisata...
kekayaan Alamku...
Pesona Indonesia...
Penosa Nusantara...
Berwisata Ke Air Terjun Sampuran Silaklak Tapanuli Tengah Berwisata Ke Air Terjun Sampuran Silaklak Tapanuli Tengah Reviewed by adenapriscillia on Maret 19, 2018 Rating: 5

1 komentar

  1. HONDAQQ.COM AGEN DOMINO 99 BANDARQ DAN POKER ONLINE TERPERCAYA

    Mengadakan Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 1 Januari 2018 - 1 April 2018.
    Dengan Total Hadiah Rp. 35.000.000,-

    Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Saat yang tepat untuk menguji kemampuan SEO Anda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000, -Tunggu apa lagi?

    Segera daftarkan diri anda untuk mengikuti Kontes SEO ini. Tunjukan Kehebatan SEO Anda Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web atau blog terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama Rp. 10.000.000.

    Keputusan untuk Pemenang Akan di tentukan dengan aturan kontes SEO yang dapat dilihat di halaman ini. Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN KUNJUNGI KAMI DI :
    Website : http://hondaqqseo.com
    BBM : D8D14919
    WA : +85569718027
    YM : cshondaqq@yahoo.com

    BalasHapus

Related Post No.