Ads Top

Obyek Wisata Pemandian Air Soda Tarutung

jendeladunia16.blogspot.co.id - Obyek Wisata Pemandian Air Soda Tarutung

Obyek Wisata Pemandian Air Soda Tarutung

jendeladunia16.blogspot.co.id - Alam semesta diciptakan Tuhan dengan milyaran hal menakjubkan didalamnya,keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat akan pesona alam yang begitu luar biasa.Termasuk di Negara yang kita Cintai ini, dimana Negara kita ini sudah begitu terkenal tentang kekayaan alamnya. Indonesia merupakan Negara yang begitu memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia. Salah satunya yang memiliki keindahan obyek wisata ialah wisata Pemandian Air Soda Tarutung tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Jika anda sedang mampir ke Tarutung, ada baiknya anda jangan lupa untuk bersinggah ke satu tempat obyek wisata yang sangat terkenal di kota tarutung. Obyek wisata ini dinamakan dengan Pemandian air soda Tarutung.

Obyek Wisata Pemandian Air Soda Tarutung

Pemandian air soda tarutung ini terletak di kaki bukit, di desa Parbubu I, Kabupaten Tapanuli Utara. Wisata pemandian hanya berjarak satu kilometer dari pusat kota Tarutung. Dan perlu kita ketahui dan kita banggakan, dimana pemandian air soda hanya ada dua di dunia, yakni Venezuela,dan satu lagi Tarutung ( Indonesia ). Hebatkan...Dan satu lagi letak pemadian air soda ini berada di area pemukiman sawah, jadi buat gusy yang kemari jangan agak bingung jika melihat area lokasinya. Tapi potensinya yang harus kita jempoli.

Obyek Wisata Pemandian Air Soda Tarutung


Jika anda mandi di air soda ini, ada hal yang harus kita ketahui.
1.warna airnya nyaris berwarna merah sehingga nama Pemandian Air Soda Tarutung dalam bahasa batak toba disebut Aek Rara Tarutung, aek adalah air dan rara adalah merah.
   
2.Bila kita mandi di air soda maka tubuh kita akan berbusa dan mata akan perih jika terkena percikan airnya. Jadi buat anda yang mandi usahakan pakai kacamata renang atau usahakan agar tidak terkena mata.
   
3.Airnya tidak lengket dibadan seperti minuman bersoda
   
4.Air soda ini seperti membuat badan kita halus dan terasa ringan, dan
   
5.Bila diecap airnya terasa ada asinnya.

Dibalik keunikannya,juga tidak lupa sejarah akan adanya Pemandian air soda ini.
Pemandian Air Soda yang ada di daerah Parbubu Tarutung adalah pemandian air soda satu-satunya yang ada di Indonesia. Pemandian ini sudah dikelola dan dikembangkan sejak tahun 1976 menjadi Objek Wisata, yang dikelola oleh Minar Sihite (Op. Ridoi Tobing/br Sihite).

Minar Sihite adalah seorang bidan yang pulang ke kampang halaman di Tarutung. Tanpa diduga ibu tersebut berjalan ke lokasi air soda yang ditumbuhi semak belukar dan menemukan air soda di daerah tersebut.

Obyek Wisata Pemandian Air Soda Tarutung

Suatu waktu inang Minar Sihite pernah bermimpi ia didatangi oleh Sahala Oppung yang mengatakan bahwa dia diberikan wasiat untuk mengembangkan tempat itu. Dengan mempersiapkan tujuh pohul itak (lampet) dibungkus daun pisang sebagai persembahan untuk permisi kepada pengisi alam saat itu.

Dengan usaha sendiri dan niat yang baik kala itu jadilah suatu tempat pemandian air soda yang ramai didatangi oleh pengunjung dan masyarakat sekitar. Tempat ini pernah efektif digunakan beberapa ketika tanggal 29 April 1989 di timpa longsor. Tanpa ada campur tangan dari pemerintah setempat untuk memperbaiki kerusakan saat itu. Dan dengan usaha sendiri ibu minar membangun kembali tempat tersebut. Meski banyak tantangan serta larangan dari pemerintah setempat mau pun dari masyarakat sekitar yang mengklaim itu adalah milik dari pemerintah serta milik warisan dari marga-marga, ibu Minar boru Sihite tetap mempertahankan serta mengembangkan tempat ini menjadi objek wisata yang terkenal dari Tapanuli Utara sampai saat ini. Itulah sejarah tentang akan adanya obyek wisata Pemandian Air Soda Tarutung.

Bagaimana, apakah anda tertarik ?, Jika anda sekalian tertarik langsung saja datang ke Tarutung di Desa Parbubu I, Kabupaten Tapanuli Utara,dan hanya berjarak 1 kilometer dari pusdat kota,jadi anda tidak perlu bingung untuk kemari, karena disana akan ada Plakat yang bertulis pemandian air soda Tarutung. Jadi berkunjunglah kemari, dan jangan lupa membawa keluarga, supaya makin seru guys.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan, dan panorama alam kita yang sungguh luar biasa, agar anak cucu kita bisa merasakan kehindahan dan kekayaan alam kita yang begitu luar biasa di tanah Ibu Pertiwi kita ...
Salam Pariwisata.
Kekayaan Alamku.
Pesona Indonesia.
Penosa Nusantara .



Obyek Wisata Pemandian Air Soda Tarutung Obyek Wisata Pemandian Air Soda Tarutung Reviewed by adenapriscillia on Februari 19, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.