Ads Top

Jalan - Jalan ke Obyek Wisata Goa Natumandi Hutabarat Tarutung

jendeladunia16.blogspot.co.id - Jalan - Jalan ke Obyek Wisata Goa Natumandi Hutabarat Tarutung


Jalan - Jalan ke Obyek Wisata Goa Natumandi Hutabarat Tarutung

jendeladunia16.blogspot.co.id - Alam semesta diciptakan Tuhan dengan milyaran hal menakjubkan didalamnya,keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat akan pesona alam yang begitu luar biasa.Termasuk di Negara yang kita Cintai ini, dimana Negara kita ini sudah begitu terkenal tentang kekayaan alamnya. Indonesia merupakan Negara yang begitu memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia.Salah satu obyek wisata yang dimiliki oleh kabupaten Tapanuli Utara, Kota Tarutung,  Kita ketahui banyak obyek wisata yang begitu banyak kita temui disini. Salah satunya adalah obyek wisata peninggalan sejarah Goa Natumandi Hutabarat, yang letaknya itu berada di desa Hutabarat Partali Kecamatan Tarutung, dan posisi dekan aliran sungai ( aek ).

Kondisi Goa Natumandi ini sudah sangat begitu memperhatinkan, dikarenakan lokasi nya tidak begitu strategis, sehingga jarang orang mengetahui obyek wisata yang satu ini, kecuali hanya warga setempat  atau orang yang perantauan yang pulang kembali kekampung Hutabarat ini. Menurut warga setempat, beberapa tahun yang lalu terakhir perhatian pemerintah terhadap obyek wisata Gua Natumandi ini sudah berkurang dan terlibih dari sarana serta promosi yang minim dilakukan.

Jumlah pengunjung yang datang pun semakin berkurang, dikarenakan kurangnya perhatian oleh pemerintah, kalaupun ada hanya warga setempat yang meramaikan tempat obyek wisata ini.

Jalan - Jalan ke Obyek Wisata Goa Natumandi Hutabarat Tarutung

Legenda Goa Natumandi Hutabaat dan Jelmahan Ular Marga Simagunsong.
Dahulu di Huta ( Kampung ) ini terkenal sekali gadis-gadis yang cantik bagaikan bidadari kayangan. Oleh karena itulah membuat banyak pemuda pergi martandang ke Huta ini untuk mendapatkan gadis-gadis idaman pemuda dari Huta Sekitarnya. Pada suatu ketika,
adalah seorang gadis yang sangat cantik yang bernama si Boru Natumandi boru Hutabarat bertenun ulos. Itulah salah satu kegiatan sehari-hari si Boru Natumandi yang cantik jelita itu. Saat si Boru Natumandi sedang bertenun uloas, datanglah ular jadi-jadian (siluman) – Ular ini dulu adalah jelamaan dari seorang Pemuda yang bermarga Simangunsong yang berhuta di Pulau Samosir.Saat ular itu berusaha menghampiri si boru Natumandi, ia justru melihat sosok ular tersebut adalah seorang pria yang gagah perkasa dan tampan. Saat itulah, sang ular berusaha merayu dan mengajak Si boru Natumandi untuk mau menikah dengannya.

Melihat ketampanan dan gagahnya sang ular jadi-jadian tersebut, Si boru Natumandi akhirnya menerima pinangan tersebut, setelah pinangannya diterima, sang ular kemudian mengajak Si Boru Natumandi untuk pergi menuju ke arah sungai Aek Situmandi dan melewati tempat pemandian sehari-hari Si boru Natumandi di Sungai Aek Hariapan. Dari tempat itu, mereka meninggalkan pesan kepada orangtua Si Boru Natumandi dengan cara menabur sekam padi dari tempat bertenun hingga ke Liang Si boru Natumandi sekarang. Pesan sekaligus tanda itu artinya agar Bapak/Ibu dan semua keluarga mengetahui kalau dia telah pergi dan akan menikah dengan seorang pria, dimana sekam padi tersebut bermakna sampai dimana sekam ini berakhir, disitulah Si Boru Natumandi berada.

Sore harinya, saat kedua orangtuanya pulang dari perladangan, mereka mulai curiga melihat putri semata wayang mereka tidak ada ditempatnya bertenun dan juga tidak ada dirumah, akhirnya kedua orangtuanya memutuskan untuk memberitahukan warga sekitar untuk melakukan pencarian.

Melihat sekam padi yang bertaburan bak sebuah garis pertanda dan tak kunjung ditemukannya Si boru Natumandi hingga keesokan harinya, akhirnya taburan sekam di tepi sungai Aek Situmandi dan berujung disebuah liang/gua yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari kampung halaman Si boru Natumandi diyakini kalau Si boru Natumandi menikah dengan seekor ular.

Bagaimana menurut kalian, apakah kalian percaya ?, ya kita tidak usah memperdebatkan cerita yang ada di masyrakat ini, melainkan kita harus terus melestarikan cerita kisa yang satu ini ke anak cucu kita nantinya, agar mereka pun nanti akan mengetahui situs sejarah yang satu ini.

Apakah anda penasaran ?, jika anda penasaran langsung saja berkunjung ke wisata ini, yang alamatnya, desa Hutabarat Partali Kecamatan Tarutung,Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Disana anda akan lebih mengetahuinya dengan dipandu penjaga Goa Natumandi Hutabarat, dan usahakan kemari bawa rombongan ya...

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan, dan panorama alam kita yang sungguh luar biasa, agar anak cucu kita bisa merasakan kehindahan dan kekayaan alam kita yang begitu luar biasa di tanah Ibu Pertiwi kita ...
Salam Pariwisata.
Kekayaan Alamku.
Pesona Indonesia.
Penosa Nusantara .

Jalan - Jalan ke Obyek Wisata Goa Natumandi Hutabarat Tarutung Jalan - Jalan ke Obyek Wisata Goa Natumandi Hutabarat Tarutung Reviewed by adenapriscillia on Februari 16, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.