Ads Top

Dibalik Keindahannya Ternyata Juga Menyimpan Cerita Tentang Akan Adanya Pulau Situngkus Tapteng

jendeladunia16.blogspot.co.id - Dibalik Keindahannya Ternyata Juga Menyimpan Cerita Tentang Akan Adanya Pulau Situngkus Tapteng


Dibalik Keindahannya Ternyata Juga Menyimpan Cerita Tentang Akan Adanya Pulau Situngkus Tapteng

jendeladunia16.blogspot.co.id - Alam semesta diciptakan Tuhan dengan milyaran hal menakjubkan didalamnya,keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat akan pesona alam yang begitu luar biasa.Termasuk di Negara yang kita Cintai ini, dimana Negara kita ini sudah begitu terkenal tentang kekayaan alamnya. Indonesia merupakan Negara yang begitu memiliki kekayaan alam yang sungguh luar biasa, baik itu panorama alamnya, suku, budaya adat istiadat, dan ciri khas masyarakat yang berbeda di seluruh penjuru Nusantara.Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia.Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Kota Sibolga Tapteng. Kota ini memang sungguh terkenal akan panorama dan keindahan alamnya. Tapi dibalik keindahannya itu tersimpan sedikit cerita misteri akan adanya obyek wisata tersebut. Salah satunya adalah Pulau Situngkus, dimana pulau ini sudah terkenal di belahan dunia, tapi dibalik keindahannya itu tersimpan sebuah cerita mistis yang mukin membuat kalian heran pada saat mendegarnya.

Cerita  rakyat  merupakan  karya  sastra  yang  dimiliki oleh  masing-masing  suku  bangsa.  Tidak  dapat  dimungkiri kehadirannya di tengah masyarakat memberi banyak manfaat. Selain menghibur, cerita rakyat juga hadir memberi pesan  dan  contoh  positif dalam  hubungan sosial  masyarakat pemilik dan penikmatnya.  Sastra  mengajarkan  banyak  hal, ilmu pengetahuan, agama,  budi pekerti,sejarah, persahabatan,  adat  kebiasaan,  dan  lain-lain.  Melalui  sastra,
kita dapat mengenal  suatu kelompok masyarakat.Dalam  upaya  memperkenalkan  budaya  ini,  salah  satu hal yang dilakukan adalah cerita   rakyat Tapanuli  Tengah ke  dalam  bahasa  Indonesia.  Hal  ini  juga  bertujuan  agar  pesan  moral  dan  adat kebiasaan  masyarakat  pemilik  cerita  dapat  dipahamioleh masyarakat,  baik di Indonesia maupun  di dunia.


Dibalik Keindahannya Ternyata Juga Menyimpan Cerita Tentang Akan Adanya Pulau Situngkus Tapteng

Pada zaman dahulu  ada sebuah kerajaan yang sangat makmur  dan  sangat  terkenal  bernama
Kota  Guguk, Kota Beriang,dan Kota Muara  yang beribukota Barus saat  itu. Barus   dipimpin   oleh   seorang   ratu yang   bernama   Ratu Jayadana. Ratu Jayadana pada masa itu dikenal sebagai Putri Runduk.  Cerita  ini  adalah  cerita  legenda  yang  sudah  turun-temurun hingga saat ini. Putri Runduk memiliki rupa yang sangat cantik. Hal ini bahkan sudah tersiar  sampai  ke  penjuru  negeri.  Kecantikan Putri  Runduk  akhirnya  terdengar  oleh  Raja Janggi  yang berasal dari negeri Sudan dan Raja dari keturunan Cina. Raja Janggi  dan  Raja  dari  Cina  tersebut  punya  keinginan untuk melamar Putri Runduk yang cantik rupawan itu. Namun,Putri Runduk  menolak  lamaran  mereka  karena  memiliki  agama yang berbeda. Sang Putri beragama Islam.

Raja   Sanjaya   dari   kerajaan   Jawa   Mataram   juga mendengar  berita  tentang  kecantikan  yang  dimiliki Putri Runduk dan bermaksud untuk melamarnya.Namun lamarannya  juga ditolak.
Raja Sanjaya  cemburu  dan  murka karena  Raja  Janggi  dan  Raja  dari  Cina  itu  telah  terlebih dahulu melamar Putri   Runduk.Akhirnya,Raja   Sanjaya menyerang  dan  memporak-porandakan  pasukan  Raja  Janggi yang  berasal  dari  Sudan  dan  Raja  dari  Cina  itu,  sehingga mereka  pun  melarikan  diri.Ada  yang  pulang  ke  negeri asalnya. Ada yang pergi ke negeri lain, dan ada yang pergi ke hutan. Sama  halnya  dengan  yang  dikisahkan  dalam  cerita Pahariangan  yang ditulis  di  daun  lontar  dengan bahasa Sunda.Dikisahkan bahwa Raja Sanjaya berperang  dan menang melawan  raja  dari  kerajaan  Bali, Bima,Melayu, Keling,  Barus,dan  Cina.  Singkat  cerita Putri Runduk pun ditawan oleh Raja Sanjaya.

Ketika  kekacauan  itu  terjadi.Putri  Runduk  dengan pengawal setianya bernama Sikambang Bandaharo melarikandiri ke Pulau  Mursala.Namun  dalam  pelarian  mereka  itu banyakbarang  Putri  Runduk terjatuh  dan berceceran  seperti kain,  selendang,  dan  setrika.  Seiring berjalan nya waktu di Pulau Mursala itu lahirlah sebuah kerajaan. Raja  Janggi pun terus  memimpikan  Putri  Runduk, sehingga  dia  menjadi  seperti  kehilangan  istri.  Duduk  salah, makan tidak selera, tidur pun tidak nyenyak.

Setelah sekian lama Raja Janggi mencari Putri Runduk,akhirnya  tersiar  kabar  kalau  Putri  Runduk  berada  di Pulau Mursala. Raja  Janggi  pun  akhirnya  mengepung  kerajaan  itu. Namun Putri Runduk tidak kehilangan akal. Setelah berdiskusi dengan   Sikambang,   akhirnya Putri   Runduk melontarkan permintaan untuk menyatukan Pulau  Mursala dengan daratan.Karena terlalucintanya   kepada   Putri   Runduk,akhirnya  disiapkan Raja  Janggi lah rantai besar.Rantai  itu ditambatkannya ke tengah Pulau  Mursala,kemudian ditariknya  dari  bukit.  Hari  demi  hari,  minggu  demi  minggu hingga bulan pun   berlalu   namun Pulau Mursala   tidak berpindah  juga.  Raja  Janggi  tetap  tidak  mau  kalah  lalu  dia mendatangi Putri Runduk, dalam hatinya berkata,Sipasan baranak  putihJatuh kalantai potong duo Pacah sampan ganti jo upih (mayang pinang) Namun pulau di hadang juo.

Ketika  Raja  Janggi  mencoba  memeluk Putri Runduk,marahlah sang putri lalu  memukul Raja  Janggi   dengan tongkat  yang  terbuat  dari  akar  bahar. Seketika  itu Raja Janggi berubah menjadi batu dan Putri Runduk melompat ke dasar   laut   dan   tidak   kembali   lagi.   Pengawal   pribadinya Sikambang Bandaharo pun sangat sedih dan meratapi kepergian Putri Runduk. Tinggallah sebungkus   nasi   Putri   Runduk   dan   kini menjadi Pulau  Situngkus,  talamnya  berubah  menjadi
Pulau Talam,  kain  yang  berserakan  berubah  menjadi Pulau  Lipek Kain, Pulau Setrika,dan Pulau Putri.

Apakah anda percaya ?, apapun itu, kita tidak perlu terbawa harus akan adanya ilmu mistis, tapi kita hanya cukup mengetahuinya dan menceritakan ini kepada anak cucu kita nanti, agar mereka nantinya juga mengetahui, bahwa indonesia merupakan negara yang terkenal akan kekayaan alamnya tapi juga terkenal akan kebudayaannya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. Mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan, dan panorama alam kita yang sungguh luar biasa, agar anak cucu kita bisa merasakan kehindahan dan kekayaan alam kita yang begitu luar biasa di tanah Ibu Pertiwi kita ...
Salam Pariwisata.
Kekayaan Alamku.
Pesona Indonesia.
Penosa Nusantara .
Dibalik Keindahannya Ternyata Juga Menyimpan Cerita Tentang Akan Adanya Pulau Situngkus Tapteng Dibalik Keindahannya Ternyata Juga Menyimpan Cerita Tentang Akan Adanya Pulau Situngkus Tapteng Reviewed by adenapriscillia on Februari 20, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Related Post No.